IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS II DI MIS DARUSSALAM BONGAS WATUKUMPUL PEMALANG

Shilvia, Dewi Octaviasari (2021) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS II DI MIS DARUSSALAM BONGAS WATUKUMPUL PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Shilvia Dewi Octaviasari -IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK TEMATIK TERPADU KELAS II MIS DARUSSALAM BONGAS WATUKUMPUL PEMALANG.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Tujuan ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi penilian autentik dalam pembelajaran tematik terpadu di MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang, mengetahui faktor pendukung dan penghambat keberhasilan penilian autentik dalam pembelajaran tematik terpadu di MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang bagaiaman Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan pembelajaran yang dilakukan pada pembelajaran tematik terpadu tersebut dan problem yang dihadapi dalam implementasi penilian autentik tematik terpadu kelas II DI MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian lapangan dengan metode deskriptif tentang pembelajaran Tematik Terpadu dalam kurikulum pada kelas II MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumntasi. Sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas II MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang. Sedangkan teknik analisis yang digunakan pada peneltian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implemnetasi Penilian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas II Di MIS Darussalam Bongas Watukumpul Pemalang untuk tahap penilian aspek sikap guru guru melakukan observasi, penilian diri, dan jurnal. Sedang untuk penilian aspek pengetahuan guru melakukan tes tulis, tes lisan dan penugasan. Untuk penilian ketrampilan yaitu unjuk kerja, penilian projek, portofolio dan produk. Kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai dengan apa yang tertulis dalam RPP dan menggunakan buku panduan guru yang sudah disediakan. Problem yang dihadapi dalam implementasi penialian autentik dan bagaimana cara mengatasinya yaitu untuk mengatasi hal tersebut guru harus menyelami pribadi peserta didik akan dapat bisa mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru. Faktor pendukung keberhasilan implemntasi penilian autentik tematik dalam pembelajaran tematik terpadu yaitu; diselenggarakan banyak pelatihan, memperoleh pendampingan dari kepala sekolah, Dinas Kota, dan Dinas Provinsi. Faktor penghambat keberhasilam implemtasi autentik dalam pembelajaran tematik terpadu yaitu; peserta didik yang banyak dan beragam, peserta didik yang kurang bisa dikondisiskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implentasi Peniliaan Autentik Tematik Terpadu
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 027 General libraries
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shilvia Dewi Octaviasari sdri
Date Deposited: 24 Aug 2021 05:09
Last Modified: 24 Aug 2021 05:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11077

Actions (login required)

View Item View Item