PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

MA’ RIFATUN, NISA (2021) PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 1 KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MA'rifatun Nisa skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang berfungsi untuk medorong serta menghasut peserta didik supaya tertarik mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. IPA di SD/MI yaitu suatu pembelajaran yang berpusat pada pemberian pengalaman secara langsung secara spontan dari kecil hingga berumur 12 tahun. Untuk mendapatkan pengalaman secara langsung dalam pembelajaran IPA maka sangat penting bagi guru untuk memanfaatkan media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA adalah potensi pendidik dalam medayagunakan semua media-media yang telah disediakan sekolah maupun media yang dibuat sendiri oleh guru untuk dapat mengambil manfaat demi kepentingan pembelajaran. Penulis mengambil judul tentang Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Judul ini penulis susun karena sekolah ini telah memanfaatkan media dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan media dalam Pembelajaran IPA Kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, dengan menggunakan pendekatan data kualitatif dan penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Media yang digunakan oleh guru kelas V dalam pembelajaran IPA antara lain white board, benda konkret, model/media buatan, LCD dan proyektor, video, gambar dan media cetak. (2) Pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (3) Hambatan-hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan media dalam pembelajaran IPA kelas V yaitu keterbatasan media, keterbatasan waktu dan pengawasan protokol kesehatan. Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran dan IPA SD/MI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemanfaatan, Media Pembelajaran dan IPA SD/MI
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ma'rifatun Nisa
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:01
Last Modified: 23 Aug 2021 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item