IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI RA BANI MALIK LEDUG, KEMBARAN KECAMATAN

Anggraeni, Wulan (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI RA BANI MALIK LEDUG, KEMBARAN KECAMATAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Wulan Anggraeni_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya Covid-19 yang belum berakhir ini, menjadikan pembelajaran beralih dari pembelajaran on-site menjadi pembelajaran jarak jauh, baik jenjang perkulihan maupun jenjang pra sekolah. Anak usia dini yang diyakini sebagai fase perkembangan yang sangat cepat sepanjang rentang kehidupan manusia, mau tidak mau tetap melaksanakan pembelajaran. Oleh karenanya, pembelajaran jarak jauh bagi anak usia dini tetap dilangsungkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang berusaha memahami fenomena lapangan secara deskriptif. Lokasi penelitian yang diambil berada di sebuah lembaga pendidikan anak usia dini, RA Bani Malik Ledug, Kembaran Banyumas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa-siswa RA Bani Malik, sedangkan obyek penelitian adalah pembelajaran jarak jauh anak usia dini di RA Bani Malik. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data dengan memilah dan merangkum data yang penting; menyajikan data secara tersusun dan terorganisir; dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji validitas dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana teknik pemeriksaan data dengan melakukan komparasi data. Teknik triangulasi ini ada dua yaitu, triangulasi teknik yaitu menggunakan teknik untuk mengumpulkan data yang berbeda-beda untuk memperoleh data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukkan dua fokus kajian penelitian, yaitu, teknis pembelajaran jarak jauh dan implementasi pembelajaran jarak jauh, yang berfokus pada dua tema yaitu tema Alam Semesta dan tema Tubuhku Sehat dan Kuat. Teknis pembelajaran yang dilakukan RA Bani Malik yaitu, hari senin hingga selasa dilakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi whatsapp melalui fitur video call; pada hari Rabu mengerjakan tugas rumah; pada hari kamis membagikan video senam dan mempraktekkannya dirumah; sedangkan pada hari sabtu dilakukan kegiatan parenting. Sedangkan dalam implementasi pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan aplikasi whatsapp melalui fitur video call, karena hanya bisa menggunakan video call dengan delapan pengguna, RA Bani Malik membagi tiap kelas menjadi tiga kelompok. Sebelum pembalajaran dengan tema ini dilaksanakan, RA Bani Malik terlebih dahulu melaksanakan perencanaan. Perencanaan ini dilakukan setiap pekan, untuk menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan tema. Disamping itu, perencanaan juga dilakukan untuk menentukan kesiapan orangtua dan guru dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode pembiasaan, metode interaktif, metode bernyanyi dan metode penugasan. Adapun bentuk penilaian yang dilakukan oleh RA Bani Malik berupa portofolio, cheklist, catatan anekdot, catatan harian, penugasan, hasil karya dan pelaporan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak Usia Dini, Pembelajaran Jarak Jauh, Anak Usia Dini, RA Bani Malik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Wulan Anggraeni
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:56
Last Modified: 23 Aug 2021 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10994

Actions (login required)

View Item View Item