NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SERDADU KUMBANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Suryotri, Mulyo (2021) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SERDADU KUMBANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SURYOTRI MULYO - Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Serdadu Kumbang dan Relevansinya dengan Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya mendeskripsikan unsur-unsur nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Serdadu Kumbang, serta menganalisa nilai pendidikan karakter tersebut dan relevansinya dengan perkembangan anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan atau library research. Penelitian kepustakaan bukan hanya sekedar membaca atau mencatat literature, karena library research adalah rangkaian keterkaitan yang dilakukan secara berkorelasi dengan metode pengumpulan data yaitu membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian dari pustaka tersebut. Penelitian ini memperoleh hasil deskripsi dari nilai pendidikan karakter dalam film Serdadu Kumbang, adapun nilai karakter tersebut diantaranya; nilai jujur yang ditemukan sebanyak 3 cuplikan, nilai disiplin 1 cuplikan, nilai rasa ingin tahu sebanyak 3 cuplikan, nilai cinta tanah air 1 cuplikan, nilai menghargai prestasi 1 cuplikan, nilai bersahabat atau komunikatif ditemukan 1 cuplikan, dan nilai peduli sosial 1. Dalam 10 cuplikan nilai karakter tersebut mengandung nilai pendidikan karakter yang cukup relevan dengan perkembangan anak usia sekolah dasar meliputi aspek kognitif, bahasa, sosio-emosional, dan moral-keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan karakter, Film Serdadu Kumbang, Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Suryotri Mulyo
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:24
Last Modified: 20 Aug 2021 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item