Penerapan Metode Bercerita Dalam Menanamkan Moral Siswa Kelas III Di MI AL-Fatah Purwodadi Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

Ria, Pramusti (2021) Penerapan Metode Bercerita Dalam Menanamkan Moral Siswa Kelas III Di MI AL-Fatah Purwodadi Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIA PRAMUSTI _PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENANAMKAN MORAL SISWA KELAS III DI MI AL-FATAH PURWODADI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS-1.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Moral merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. Hidup bernilai dan bermoral merupakan kebutuhan setiap manusia beradab. Perubahan sikap pada siswa tidak bisa dilakukan dengan cara dipaksa, tetapi akan lebih mudah jika didasarkan pada keadaran yang muncul dari dalam hatinya. Model pembelajaran nilai moral dapat dilakukan menggunakan metide bercerita untuk menyampaikan isi dari pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut. Tujuan metode bercerita adalah melatih daya tangkap anak, melatih daya pikir, melatih daya kosentrasi, membantu perkembangan fantasi/imajinasi anak, menciptakan suasana yang menyenangkan dan akrab di dalam kelompok. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini berkaitan dengan penelitian yang merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menggambarkan situasi atau fenomena yang dirancang untuk mendapat suatu informasi dalam keadaan sekarang. Penelitian deskriptif juga digunakan terhadap permasalahan berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Tujuannya untuk menguji hipotesis dari subjek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan metode bercerita dalam menanamkan moral siswa kelas III di MI AL-Fatah. Siswa akan lebih mudah untuk memahami macam-macam karakter yang ada dalam cerita tersebut sehingga dapat menumbuhkan sikap dan rasa ingin tahu untuk lebih memahami sikap moral mana yang bisa di diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mana sikap moral yang tidak pantas untuk dicontoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pendidikan, metode bercerita dalam menanamkan moral
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ria Pramusti sdri
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:56
Last Modified: 19 Aug 2021 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10947

Actions (login required)

View Item View Item