MANAJEMEN WAKTU SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IRSYADUT THULLAB KERTANEGARA)

Isnawati Kartini Faozah, NIM. 1123103012 (2016) MANAJEMEN WAKTU SANTRI (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IRSYADUT THULLAB KERTANEGARA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
ISNAWATI KARTINI FAOZAH_MANAJEMEN WAKTU SANTRI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyaknya santri yang merasa kesulitan dalam mengatur waktu dalam kegiatan yang ada dan tidak hanya itu santri juga jadi kurang disiplin dalam berbagai hal. Oleh karena itu, perlu adanya manajemen waktu yang dilakukan oleh santri. Dari masalah tersebut pihak pondok mewajibkan santri yang masuk untuk setiap harinya mempunyai manajemen waktu tersendiri di luar jadwal yang telah ada. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Manajemen Waktu Santri di Pondok Pesantren Irsyadut Thullab dan Apasaja Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen waktu Santri di Pondok Pesantren Irsyadut Thullab ? Subyek dari penelitian ini adalah santri putri yang masih studi pada jenjang SMP, SMA dan yang bertempat tinggal di dalam pesantren. Data diperoleh melalui metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Selanjutnya, penyajian dan analisis data, dan penyajian dan analisis data di narasikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya manajemen waktu dalam meningkatkan kedisiplinan santri Pondok Pesantren Irsyadut Thullab. Manajemen waktu memiliki peran penting yang bertujuan untuk membantu santri dalam mengatur waktunya. Pertama, dalam perencanaan manajemen waktu sebagai langkah awal santri dalam menentukan jadwal kegiatan. Kedua, pengorganisasian dalam manajemen waktu sebagai pemilah dan memilih kegiatan penting dari yang telah direncanakan. Ketiga, pelaksanaan dalam hal ini telah sesuai dengan perencanaan awal, namun terkadang rencana itu rusak bila ada acara atau kegiatan yang mendadak. Dan keempat evaluasi hal ini dilakukan santri dengan dua metode yaitu evaluasi harian dan evaluasi akhir untuk mengukur besarnya keberhasilan dalam manajemen waktu. Dalam memanajemen waktu pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk faktor pendukung itu adanya motivasi dan dukungan dari diri sendiri, teman, orang tua dan lingkungan pondok. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi fisik yang capek dan sakit, kurang adanya motivasi dan keinginan dalam diri santri tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu, Santri
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Sep 2016 09:33
Last Modified: 09 Sep 2016 09:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item