IMPLEMENTASI EVALUASI PAI PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 BANYUMAS

Rofiqoh, Nur Alifah (2021) IMPLEMENTASI EVALUASI PAI PADA MASA PANDEMI DI SMAN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rofiqoh Nur Alifah_Implementasi Evaluasi PAI pada Masa Pandemi di SMAN 1 Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran PAI yang terperinci pada ranah kognitif selama pembelajaran merupakan hal yang penting dilakukan guna meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik selama masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pelaksanaan Evaluasi PAI pada Masa Pandemi di SMAN 1 Banyumas; (2) tantangan dan hambatan Evaluasi PAI pada Masa Pandemi di SMAN 1 Banyumas bagi peserta didik dan guru; serta (3) dampak Evaluasi PAI pada Masa Pandemi di SMAN 1 Banyumas bagi peserta didik dan guru. Penelitian ini merupakan field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek pada penelitian ini adalah waka kurikulum, Guru PAI, serta peserta didik. Sementara obyek pada penelitian ini adalah evaluasi PAI pada masa pandemi khususnya pada ranah kognitif yaitu Penilaian Harian Bersama menggunakan Office 365. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara bebas, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan evaluasi PAI pada masa pandemic di SMAN 1 Banyumas terdiri atas tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Dalam penerapannya, terdapat beberapa tantangan dan hambatan diantaranya yaitu permasalahan kuota, sinyal yang tidak stabil, perangkat gawai yang kurang memadahi, kurangnya kecakapan guru dalam mengoperasikan aplikasi, serta dibutuhkannya peran pro aktif guru selama evaluasi berlangsung. Sementara itu, dampak yang diterima adalah menurunnya hasil yang diterima akibat dari pertanyaan yang terkadang sulit dipahami, meningkatnya kemalasan dan menurunnya tingkat kejujuran peserta didik, guru tidak dapat mengukur kemampuan peserta didik secara optimal, serta berkurangnya interaksi dan komunikasi antara guru dan peserta didik. Namun secara keseluruhan, Implementasi Evaluasi PAI pada Masa Pandemi di SMAN 1 Banyumas berjalan cukup efektif karena semua peserta didik tetap dapat mengikuti Penilaian Harian Bersama walaupun situasi yang dihadapi adalah situasi evaluasi yang berbeda yaitu secara daring masa pandemi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran PAI, daring, Office 365, Penilaian Harian Bersama, Masa Pandemi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Rofiqoh Nur Alifah
Date Deposited: 18 Aug 2021 01:39
Last Modified: 18 Aug 2021 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item