Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojongsari Kabupaten Purbalingga

Meika, Nur Lailiyah (2021) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meika Nur Lailiyah_Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojongsari Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan belajar yaitu suatu kondisi belajar yang berasal dan terbentuk melalui proses dari serangkaian sikap dan perilaku pribadi maupun kelompok yang menunjukkan nilai-nilai kepatuhan, ketaatan, keteraturan, ketertiban, dan kesetiaan. Kedisiplinan belajar dipengaruhi oleh perhatian orang tua. Orang tua yaitu bapak dan ibu. Perhatian orang tua dalam penelitian ini adalah bentuk kesadaran atau pemusatan konsentrasi yang diberikan orang tua terhadap pendidikan anaknya seperti kegiatan belajar anaknya dirumah atau ketika sedang belajar daring (dalam jaringan) dengan menyediakan fasilitas yang menunjang belajar anak dan bagaimana orang tua membantu kegiatan belajar anaknya di masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat perhatian yang diberikan orang tua kepada anak yang bersekolah di SMP Negeri 2 Bojongsari terutama siswa kelas VII, (2) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bojongsari pada masa pandemi Covid-19, (3) untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bojongsari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMP N 2 Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 229 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling (sampel acak) dengan jumlah 57 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengambilan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPPS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat perhatian orang tua dalam kegiatan belajar siswa kelas VII SMP N 2 Bojongsari di masa pandemi covid-19 termasuk dalam kategori sedang yaitu sebesar 67% dan frekuensi 38 siswa. Tingkat kedisiplinan siswa dalam kategori sedang yaitu sebesar 70% dan frekuensi 40 siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan dan memiliki arah hubungan yang positif antara perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII SMP N 2 Bojongsari dengan persamaan regresi linearnya Y = 27,100 + 0,491 X dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 6,218 > 2,004 = ttabel. Besarnya nilai korelasi/hubungan sebesar 0,643 serta besarnya pengaruh perhatian orang tua terhadap kedisiplinan belajar sesuai dengan perhitungan koefisien determinasi (r²) yaitu sebesar 41,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Perhatian orang tua, Kedisiplinan belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Meika Nur Lailiyah sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:14
Last Modified: 12 Aug 2021 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item View Item