PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI SOPAN SANTUN PADA ANAK DI TPQ AL HIDAYAH DESA METENGGENG, KECAMATAN BOJONGSARI, PURBALINGGA

Digita, Nur Fajar (2021) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI SOPAN SANTUN PADA ANAK DI TPQ AL HIDAYAH DESA METENGGENG, KECAMATAN BOJONGSARI, PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Digita Nur Fajar_Peran Guru dan Orang Tua Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Sopan Santun Pada Anak di TPQ Al Hidayah Desa Metenggeng, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk karakter yang penting ditanamkan kepada anak adalah nilai-nilai sopan santun. Nilai-nilai sopan santun diharapkan mampu membentengi anak dari dampak negatif globalisasi terutama nilai-nilai kebaratan, modernisasi dan globalisasi yang terus merusak karakter anak bangsa. Nilai-nilai sopan santun dapat diartikan sebagai sikap hormat kepada seseorang yang sederajat, lebih tua, atau lebih rendah yang memiliki budi pekerti yang baik atau dapat dikatakan cerminan yang ditanamkan pada diri anak melalui tutur kata atau perilaku. Sebagai pendidik, guru dan orang tua perlu saling bekerja sama dalam internalisasi nilainilai sopan santun agar hasilnya dapat maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dan guru serta faktor pendorong dan penghambat dalam internalisasi nilai-nilai sopan santun pada anak di TPQ Al-Hidayah Desa Metenggeng. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) untuk menggali informasi tentang peran guru dan orang tua dalam internalisasi nilai-nilai sopan santun yang ditanamkan pada anak di TPQ Al - Hidayah Desa Metenggeng. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis studi kualitatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator, inspirasi, pembimbing anak, dan fasilitator telah dilaksanakan dengan baik. Begitu juga orang tua mendidik melalui mendidik melalui contoh perilaku, penerapan sistem pendidikan dini, melakukan sistem pembiasaan, membudayakan dialog antara orang tua dengan anak, dan menerapkan prinsip keadilan dan mengatur waktu yang tersedia yang sudah berjalan dengan baik serta optimal dalam pelaksanaannya. Walaupun memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berbeda, namun guru dan orang tua saling bersinergi serta saling mendukung. Kata Kunci : Peran, Guru, Orang Tua, Internalisasi, Nilai-Nilai Sopan Santun, Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru, Orang Tua, Internalisasi, Nilai-Nilai Sopan Santun, Anak
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Digita Nur Fajar sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:11
Last Modified: 12 Aug 2021 08:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item View Item