PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN KELAS VI DI SD NEGERI 2 KLAHANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

Karunia, Mukti Sari (2021) PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA KETERATURAN YANG MENAKJUBKAN KELAS VI DI SD NEGERI 2 KLAHANG KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-KARUNIA MUKTI SARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian penting yang dapat mempengaruhi proses berjalannya suatu pembelajaran. Seorang guru memerlukan bahan atau materi yang disusun sistematis berdasarkan kompetensi yang harus dikuasai siswa sehingga pembelajaran menjadi terarah pada tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Dalam penggunaannya, Bahan ajar yang digunakan secara maksimal dan bervariatif dapat meningkatkan minat belajar siswa maka diperlukan penggunaan bahan ajar yang efektif dan bervariatif dalam kegiatan pembelajaran. Pada masa ini kurikulum yang tengah diterapkan ialah kurikulum 13 dengan pendekatan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengintegerasikan beberapa mata pelajaran menjadi satu tema pembahasan. Dengan pengintegerasian tersebut menimbulkan dampak kesulitan bagi siswa dalam memperoleh pemahaman karena materi kurang lengkap sehingga penggunaan bahan ajar pendukung diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bahan ajar yang digunakan dan penggunaan jenis-jenis bahan ajar tersebut dalam pembelajaran tematik subtema Keteraturan Yang Menakjubkan Kelas VI di SD Negeri 2 Klahang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data Model Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran tematik subtema Keteraturan Yang Menakjubkan kelas VI di SD Negeri 2 Klahang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas menggunakan bahan ajar buku tematik, LKS, gambar, model, video, audio, dan bahan ajar interaktif berupa slide power point. Dan dalam penggunaannya disesuaikan dengan materi. Buku tematik sebagai bahan ajar utama, LKS untuk evaluasi, sedangkan gambar, model, video, audio dan slide power point digunakan dalam materi tertentu saja. Kata Kunci : Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Karunia Mukti Sari
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:40
Last Modified: 23 Aug 2021 03:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item