MANAJEMEN KURIKULUM DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) DIPONEGORO KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

Kharisma, Matusilmi (2021) MANAJEMEN KURIKULUM DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) DIPONEGORO KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KHARISMA MATUSILMI_MANAJEMEN KURIKULUM DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) DIPONEGORO KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak bisa dihilangkan dalam kehidupan manusia. Salah satunya pendidikan pra sekolah sebagai tahap awal perkembangan anak dalam dunia pendidikan. Sehingga, pendidikan pra sekolah harus memiliki manajemen kurikulum yang baik agar anak dapat berkembang secara optimal. Salah satu lembaga pra sekolah yakni Raudhatul Athfal (RA), lembaga pendidikan yang berlandaskan ke Islaman dan bertujuan menjadikan anak yang berakhlakul karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dilakukan dengan mendatangi secara langsung lembaga pendidikan yang terkait untuk memperoleh data dan informasi mengenai rumusan masalah yang ada di penelitian ini. Subjek dari penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru yang ada di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem dengan objek penelitian yakni manajemen kurikulum di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabdahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum yang ada di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem dimulai dengan tahap perencanaan yakni kurikulum yang ditetapkan oleh Mentri Agama Republik Indonesia dengan menambahkan kekhasan dari lembaga pendidikan tersebut yakni nilai-nilai ke Islaman dan ke NU-an dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebangsaan. Pengorganisasian dilakukan oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya yakni dilalakukan oleh pengawas, komite, kepala sekolah dan guru. Untuk pelaksanaan kurikulum berlandaskan dengan keputusan Mentri Agama yang didalamnya terdapat indicator pencapaian perkembangan dan standar tingkat pencapaian perkembangan. Sedangkan untuk pengawasan dilakukan setiap hari saat proses belajar mengajar berlangsung dan untuk evaluasi kurikulum dilakukan setiap tahun ajaran baru. Kurikulum di Raudhatul Athfal (RA) Diponegoro Karangasem Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Berbasis Kurikulum 2013 dan PAI Terintegrasi. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Raudhatul Athfal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Raudhatul Athfal
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Kharisma Matusilmi
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:10
Last Modified: 12 Aug 2021 07:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item