Kuni, Akhila Sofia (2021) MANAJEMEN STRATEGIK PADA PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Kuni Akhila Sofia_Manajemen Strategik Pada Program Boarding School di MIN 1 Banyumas.pdf Download (842kB) | Preview |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (518kB) | Preview |
Abstract
Pencapaian sebuah sekolah dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, dapat dilihat dari proses menjalankan semua aktifivitas pembelajaran yang diputuskan manajemen sebagai faktor pendukung melalui koordinasi oleh sekolah. Untuk itu, dalam mengelola boarding school yang baik diperlukan manajemen strategik yang baik sebagai tolak ukur keberhasilan dalam mencapai segala tujuan dengan strategi yang ditentukan oleh stakeholder. Dengan demikian, kemampuan ketua program boarding school dalam menjalankan pengamatan lingkungan (scanning lingkungan), perumusan strategi (strategy formulating), penerapan strategi (strategy implementing), evaluasi strategi (strategy evaluating) benar-benar diperlukan Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan metode deksriptif kualitatif yang menarik dan subjektif. Metode penelitian ini digunakan untuk memperkenalkan garis besar atau realitas yang dapat diakses melalui deskripsi. Berikut teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian, analisis data yang digunakan yaitu meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dengan begitu, penulis akan memperoleh fakta serta dapat mendeskripsikan manajemen strategik dengan mengimplementasikan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Temuan penelitian di MIN 1 Banyumassmenunjukkan bahwa: Pertama, tahap manajemen strategik yang dilakukan dengan analisis lingkungan memanfaatkan analisis SWOT. Kedua, tahap manajemen strategik dilakukan dengan membentuk teknik yang mengarahkan kepada kemajuan visi, misi dan tujuan sekolah secara rinci yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas lulusan yang kompeten dan berkarakter. Ketiga, tahap manajemen strategik dilakukan dengan implementasi strategi melalui mengalokasikan SDM dengan melihat program yang akan dijalankan. Keempat, tahap manajemen strategik dijalankan dengan evaluasi strategi melalui pengecekan antar pendidik, peserta didik yang dapat dilaksanakan dalam harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Tahap manajemen strategik merupakan sebuah pendekatan untuk memiliki pilihan dalam menumbuhkan mutu pendidikan yang dihasilkan melalui pencapaian peningkatannlulusan yang berkompeten dan berkarakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategik, Boarding School |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 400 Language > 407 Education, research, related topics 600 Technology (Applied sciences) > 606 Organizations |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kuni Akhila Sofia sdr |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 22:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 22:57 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10722 |
Actions (login required)
View Item |