IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 2 KELAS IV A DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Inayatul, Wahdiyah (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 2 KELAS IV A DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INAYATUL WAHDIYAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 2 KELAS IV A DI MI MA'ARIF NU 1 LANGGONGSARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah dari kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013. Karena KTSP memiliki banyak permasalahan dalam sebuah pendidikan. Mulai dari terlalu banyaknya mata pelajaran dan materi, belum sepenuhnya berbasis kompetensi, belum menekankan penilaian pada sikap dan lain sebagainya. Guna mengatasi permasalahan tersebut pemerintah merombaknya menjadi kurikulum 2013. Salah satu bentuk perubahan tersebut terjadi pada pembelajaran, yang mana menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik. Sejauh kurikulum diterapkan peneliti tertarik untuk mengetahui apakah kurikulum 2013 sudah diterapkan secara tepat khususnya di pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik tema 6 sub tema 2 kelas IV A di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru, peserta didik, kepala madrasah. Objek penelitian yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik tema 6 cita- cita ku sub tema 2 hebatnya cita- cita ku kelas IV A di MI Ma’arif NU 1 Langgongsari. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa guru kelas IV A sudah menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik tema 6 cita- cita ku sub tema 2 hebatnya cita- cita ku. Terbukti dalam kegiatan pembelajaran terdapat unsur- unsur menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan akan tetapi dalam beberapa proses pembelajarannya belum cukup memenuhi kriteria berhasil mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata Kunci : Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: inayatul wahdiyah
Date Deposited: 09 Aug 2021 22:51
Last Modified: 09 Aug 2021 22:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item