Vega, Dwi Nurvita (2021) KREATIVITAS GURU KELAS 5 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MI MA’ARIF NU CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
VEGA DWI NURVITA_KREATIVITAS GURU KELAS 5 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MI MA’ARIF NU CILONGOK KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menjadi seorang guru tidak hanya dituntut dalam penguasaan akadamik, guru dituntut untuk menguasai teknik yang dapat merangsang siswanya dalam proses pembelajaran. Proses rangsangan tersebut dibentuk dengan adanya bagaimana guru dalam mengelola proses belajar mengajar dengan strategi pembelajaran yang bervariatif. Masalah yang timbul akibatnya, masih ada siswa yang kurang memperhatikan ketika guru melaksanakan pembelajaran, siswa yang masih aktif atau kurang aktif dalam proses pembelajaran, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dalam masa Pandemi Covid-19 untuk menciptakan kondisi tersebut maka guru dituntut kreativitasnya dalam proses pembelajaran khususnya dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa Pandemi Covid-19 serta faktor penghambat dan pendukung kreativitas guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Yaitu penelitian dimana peneliti memperoleh data secara langsung dilapangan dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, Guru kelas 5 dan siswa. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan mengenai kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dimasa Pandemi Covid-19 pada MI Ma’arif NU Cilongok Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dengan (1)ba gaimana guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dari persiapan, proses pembelajaran dengan menggunakan model dan metode pembelajaran yang bervariatif, hingga akhir pembelajaran khususnya dimasa Pandemi Covid-19(2) minat belajar siswa yang baik dan meningkat, hal ini terbukti dengan adanya semangat dari siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: Kreativitas, Minat belajar, Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kreativitas, Minat belajar, Pandemi Covid-19. |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Vega dwi nurvita |
Date Deposited: | 08 Aug 2021 04:39 |
Last Modified: | 08 Aug 2021 04:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10688 |
Actions (login required)
View Item |