METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NUR HIDAYAH, NIM. 102338061 (2016) METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR HIDAYAH_METODE PEMBELAJARAN AL QUR’AN HADITS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Daftar Isi_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka_Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Metode Pembelajaran Al Qur‟an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Larangan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016”. Merupakan skripsi yang membahas tentang pelaksanaan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Larangan Kecamat Pengadegan Kabupaten Purbalingga dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah guru Al Qur‟an Hadits kelas I di MI Muhammadiyah Larangan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin diperoleh data yang akurat penulis melakukan pengecekan data dengan membandingkan antara data-data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara serta melihat data-data yang ada. Setelah data yang penulis dapatkan dari hasil wawancara dan pengumpulan data, kemudian penulis melakukan pengecekan ulang dengan cara observasi langsung saat proses pembelajaran di dalam kelas. Apabila terdapat kesamaan terhadap data yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan secara langsung. Namun apabila terjadi perbedaan hasil maka data tersebut akan dianalisa secara obyektif, sehingga diperoleh data yang valid dan akan melahirkan kesimpulan induktif. Dari hasil penelitian menunjukan: Metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Al Qur‟an Hadits di MI Muhammadiyah Larangan secara keseluruhan bukan merupakan metode yang mandiri, melainkan metode campuran. Artinya dalam pembelajaran ada yang keseluruhan menggunakan satu metode, ada juga yang menggunakan beberapa metode. Penggunaan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Metode pembelajaran yang sering digunakan dalam pembelajaran Al Qur‟an Hadits di MI Muhammadiyah Larangan adalah: metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan, metode demonstrasi, metode pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Sep 2016 02:57
Last Modified: 08 Sep 2016 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item