MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS

Chamidatut, Tohiroh (2021) MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB 1_BAB PENUTUP.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI CHAMIDATUT TOHIROH full (1).pdf

Download (958kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab pada era society 5.0 telah menjadikan suatu perubahan pada dunia pendidikan, yang menimbulkan gejala suatu peristiwa salah satunya yaitu pada akhir tahun 2019 di dunia telah dikejutkan dengan munculnya virus corona yang dikabarkan sangat berbahaya, dengan kemunculan virus tersebut akan berdampak pada proses belajar mengajar yaitu harus dilakukan secara daring (dalam jaringan). Guru dituntut harus menguasai ilmu teknologi dan mempunyai tantangan tersendiri terkait penyampaian pada materi pembelajaran yang harus menyusun strategi baru untuk dapat memudhkan siswa dalam memahami materi meskipun secara daring. Sebenarnya media pembelajaran itu banyak, tetapi kembali lagi kepada penerapan proses pembelajaran yaitu secara daring yang mana media itu diterapkan harus melihat situasi, kondisi dan ditahun ini kondisi negara Indonesia sedang tidak baik-baik saja, masa pandemi ini dalam bidang pendidikan mengasah kajian teknologi dan informasi. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran bahasa Arab secara daring dilakukan dengan media sosial yang dapat mempermudah pembelajaran serta komunikasi jarak jauh antar guru dengan siswanya pada masa pandemi, Mengenai media pembelajaran bahasa Arab secara daring di MI Diponegoro 03 karangklesem Purwokerto Selatan dalam proses pembelajaran guru bahasa Arab Bapak Slamet Rianto S.S, media yang digunakan yaitu memafaatkan media sosial seperti memberikan video pembelajaran baik video guru itu sendiri maupun video orang lain yang diunggah di akun youtube, kemudian melalui media sosial yang lain misal whatapps,dan google classroom guru meyampaikan tetkait pemberitahuan pembelajaran dan termasuk pemberian tugas dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran secara daring, dan pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Chamidatut Tohiroh sdri
Date Deposited: 07 Aug 2021 22:58
Last Modified: 07 Aug 2021 22:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10616

Actions (login required)

View Item View Item