UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA

Pratiwi, Dwiyanti Hartina (2021) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PRATIWI DWIYANTI HARTINA_UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SOPAN SANTUN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh seseorang yang diterapkan dalam suatu tindakan atau perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sopan santun merupakan adab bertingkah laku, budi pekerti yang baik dan kesusilaan dalam keseharian. Untuk menjadi seseorang yang memiliki karakter sopan santun, sesuai dengan norma yang berlaku di dalam masyarakat, perlu melakukan usaha yang serius dan terus menerus melalui pembiasaan. Dalam hal ini, sekolah memiliki peranan penting untuk membentuk karakter siswanya melalui pembelajaran yang di dalamnya memuat tata krama, salah satunya melalui mata pelajaran bahasa Jawa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap upaya pembentukan karakter sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV MI Ma’arif NU 02 Tamansari Karangmoncol Purbalingga, dengan rumusan masalah “Bagaimana Upaya Pembentukan Karakter Sopan Santun Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas IV MI Ma’arif NU 02 Tamansari Karangmoncol Purbalingga?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya pembentukan karakter sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV MI Ma’arif NU 02 Tamansari Karangmoncol Purbalingga. Melalui penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian kepala sekolah, gurukelas IV serta siswa kelas IV dan obyek penelitiannya yaitu upaya pembentukan karakter sopan santun siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas IV MI Ma’arif NU 02 Tamansari Karangmoncol Purbalingga. Peneliti dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pembelajaran bahasa Jawa berisi materi yang di dalamnya memuat unggah-ungguh basa yakni bahasa ngoko lugu, ngoko alus, krama lugu dan krama alus yang masing-masing memiliki aturan penggunaan ketika berbicara dengan orang lain. Melalui pembelajaran unggah-ungguh basa, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran bahasa Jawa dapat menjadi salah satu media yang mengantarkan seseorang menjadi pribadi yang memiliki sopan santun. Oleh karena itu, upaya pembentukan karakter sopan santun siswa dapat dilakukan dalam pembelajaran bahasa Jawa. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Sopan Santun, Pembelajaran bahasa Jawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Sopan Santun, Pembelajaran bahasa Jawa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pratiwi Dwiyanti Hartina sdr
Date Deposited: 05 Aug 2021 08:19
Last Modified: 05 Aug 2021 08:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item View Item