ANALISIS PRODUK PEMBIAYAAN ARRUM BPKB DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO NASABAH PEGADAIAN SYARIAH (STUDI PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PLAZA THB BEKASI)

Wahyuni, Saputri (2021) ANALISIS PRODUK PEMBIAYAAN ARRUM BPKB DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO NASABAH PEGADAIAN SYARIAH (STUDI PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PLAZA THB BEKASI). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
WAHYUNI SAPUTRI_ANALISIS PRODUK PEMBIAYAAN ARRUM BPKB DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO NASABAH PEGADAIAN SYARIAH (STUDI PADA PT PEGADAIAN SYARIAH CABANG PLAZA THB BEKASI).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produk pembiayaan Arrum BPKB merupakan pembiayaan usaha yang diberikan oleh Pegadaian Syariah kepada pengusaha untuk mengembangkan usaha yang telah dijalankan, menggunakan jaminan BPKB kendaraan motor atau mobil. Hanya dengan jaminan BPKB, kendaraan tetap bisa digunakan untuk menjalankan usaha setiap hari, pengusaha dapat menerima tambahan dana dengan cepat, persyaratan yang mudah dan murah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme produk pembiayaan Arrum BPKB dan mengetahui peningkatan usaha mikro nasabah setelah mendapatkan pembiayaan Arrum BPKB pada Pegadaian Syariah Cabang Plaza THB Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) atau penelitian langsung kepada responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Mekanisme pembiayaan Arrum BPKB di Pegadaian Syariah Cabang Plaza THB Bekasi sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada. 2) Produk pembiayaan Arrum BPKB di Pegadaian Syariah Cabang Plaza THB Bekasi dapat meningkatkan usaha mikro yang dapat dilihat dari 3 (tiga) aspek penilaian. Dari data 6 (enam) nasabah terdapat 4 (empat) nasabah mengalami kenaikan pendapatan dan 2 (dua) nasabah tidak mengalami kenaikan. Pada aspek pekerja, terdapat 2 (dua) nasabah mengalami peningkatan, 1 (satu) nasabah tidak mengalami kenaikan pekerja dan 3 (tiga) nasabah tidak memiliki tenaga kerja. Dan pada aspek peningkatan aset usaha, terdapat 6 (enam) nasabah mengalami peningkatan aset.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk pembiayaan, Arrum BPKB, peningkatan usaha mikro nasabah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Wahyuni Saputri
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:18
Last Modified: 03 Aug 2021 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10537

Actions (login required)

View Item View Item