PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

Kamelia, Iskhak (2021) PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kamelia Iskhak_Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan akhir dari proses pendidikan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut upaya yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas pendidikan. Inti dari proses pendidikan secara formal adalah proses belajar. Dikarenakan terjadinya pandemi covid-19 di Indonesia, maka pemerintah mengeluarkan kebijakan melaksanakan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar tak terkecuali dengan pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Sumbang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) bersifat deskriptif-kualitatif. Yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Untuk tenik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisi data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menggunakan komponen teknologi informasi dan komunikasi berupa laptop dan handphone android serta platform atau aplikasi sebagai media pembelajaran matematika daring (dalam jaringan) berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti youtube, google classroom, google form, quizizz, right choice, microsoft office 365, e-learning SMP Negeri 1 Sumbang dan whatsapp dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari dua tahapan yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Kelebihan pembelajaran matematika daring (dalam jaringan) yaitu (1) Pembelajarannya fleksibel, (2) Mendapat ilmu baru mengenai teknologi pembelajaran, (3) Biaya terjangkau untuk bisa mengakses berbagai materi pemelajaran. Sedangkan kekurangannya yaitu (1) Penyampaian materi menjadi terbatas, (2) Penyalah gunaan fasilitas belajar, (3) Mudah contek mencontek, (4) Bergantung kepada jaringan internet dan kualitas handphone. Kata kunci: Teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran matematika, pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi dan komunikasi, pembelajaran matematika,pandemi covid-19.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Kamelia Iskhak
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:20
Last Modified: 02 Aug 2021 02:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item