Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013

Catur, Mei Wati (2021) Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MAK Kurikulum 2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran matematika kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 merupakan bahan ajar mata pelajaran matematika yang disusun secara sistematis berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai buku pegangan siswa kelas X dengan tujuan untuk membantu siswa dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sudah disajikan sesuai dengan KI dan KD serta implementasi pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian literatur (library research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penskoran kesesuaian buku. Sumber data terdiri sumber data primer yaitu Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dan sumber data sekunder yaitu buku yang relevan, jurnal, artikel, textbook, majalah, kamus, serta hasil penelitian sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sudah disajikan sesuai dengan KI dan KD serta implementasi pendekatan saintifik, dengan presentase 85,7% atau kategori baik untuk analisis berdasarkan kesesuaian materi dengan KI dan KD. Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-1 adalah 100% (Sangat Baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-2 adalah 100% (Sangat Baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-3 adalah 80% (Baik). Tingkat kesesuaian dengan KD dari KI-4 adalah 80% (Baik). Sedangkan persentase 86,1% atau kategori sangat baik untuk analisis berdasarkan kesesuaian materi dengan implementasi pendekatan saintifik. Implementasi pendekatan saintifik telah tercermin dengan adanya langkah-langkah pembelajaran melalui penerapan 5M (mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengkomunikasikan) dan model pembelajaran discovery learning, problem based learning, dan project based learning yang telah disajikan pada setiap bab. Kata kunci: Analisis, buku teks pelajaran matematika, KI, KD, implementasi pendekatan saintifik, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Catur Mei Wati sdr
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:53
Last Modified: 31 Jul 2021 04:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item View Item