PENDIDIKAN PROFETIK PERSPEKTIF BUYA HAMKA

Adhi, Nur Alim (2021) PENDIDIKAN PROFETIK PERSPEKTIF BUYA HAMKA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Adhi Nur Alim_1717402178_Pendidikan Profetik Perspektif Buya Hamka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akan selalu mengalami perkembangan dan menjadi keniscayaan bagi manusia, pendidikan harus relevan dengan perkembangan zaman tanpa mengesampingkan keseimbangan dunia dan akhirat. Maka dari itu dibutuhkan konsep pendidikan yang dapat mencapai tujuan yang diharapkan atau paling tidak mendekati tujuannya. Permasalahan yang hendak dijawab dari penelitian ini ialah mengkaji pemikiran Buya Hamka selaku ulama yang telah menghasilkan banyak karya tulis untuk kemudian dikonfirmasikan dalam format pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai kenabian (profetik). Pendidikan profetik yang bertujuan membentuk manusia terbaik (insan kamil), sehingga terciptanya masyarakat ideal (khaira ummah) dengan basis humanisasi (nilai kemanusiaan), liberasi (nilai pembebasan), serta transendensi (nilai ketuhanan) merupakan konsep yang ditawarkan bagi format pendidikan untuk menjadikan manusia mengenal jati dirinya, memiliki kebebasan hidup, serta tidak terlepas hubungannya dengan Tuhan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library reserch), fokus pada mengumpulkan, menganalisis, menyajikan serta menyimpulkan terkait pemikiran tokoh. Sumber data terdiri dari sumber data primer, khususnya buku Hamka dari Mutiara Falsafah (Tasawuf Modern, Falsafah Hidup, Lembaga Hidup, dan Lembaga Budi), dan referensi lain yang berkaitan sebagai sumber sekunder penelitian. Dalam hal ini, peneliti menggunakan teori pendidikan profetik Moh. Roqib. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Buya Hamka hendak menjadikan basis profetik (humanisasi, liberasi dan transendensi) sebagai landasan dan pedoman dalam membangun umat sehingga terwujudnya masyarakat yang ideal. Hamka mengharuskan format pendidikan untuk menghasilkan manusia dewasa yang memiliki watak pribadi, ‘alim ilmu agama, berpengetahuan luas, serta berguna bagi masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profetik, Buya Hamka, Konsep Pendidikan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Adhi Nur Alim
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:26
Last Modified: 28 Jul 2021 05:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item