ANALISIS PENGARUH INVESTASI DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTARWILAYAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017-2019

Unik, Lestari (2021) ANALISIS PENGARUH INVESTASI DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP KETIMPANGAN PEMBANGUNAN ANTARWILAYAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2017-2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UNIK LESTARI 1717201044.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketimpangan pembangunan antarwilayah merupakan aspek yang umum terjadi dalam kegiatan ekonomi suatu daerah. Ketimpangan ini disebabkan karena adanya ketidakmerataan dalam aspek penunjang pembangunan ekonomi antara lain pada realisasi investasi yang tidak merata serta indeks pembangunan manusia yang berbeda pada setiap daerah. Ketimpangan pembangunan antarwilayah diukur dengan Indeks Williamson. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi dan indeks pembangunan manusia terhadap ketimpangan pembangunan antarwilayah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2017-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan berupa cross section 29 kabupaten dan 6 kota di Provinsi Jawa Tengah serta data time series selama periode 2017-2019. Data diolah dengan analisis data panel dengan model regresi Fixed Effect Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel investasi tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap ketimpangan pembangunan antarwilayah, serta variabel indeks pembangunan manusia berpengaruh signifikan dan negatif terhadap ketimpangan pembangunan antarwilayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan Pembangunan Antarwilayah, Investasi, Indeks Pembangunan Manusia, Fixed Effect Model
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Unik Lestari
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:26
Last Modified: 27 Jul 2021 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item View Item