Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Sejuta Sayang Untuknya Karya Herwin Novianto

Ismatul, Maola Nihayah (2021) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Sejuta Sayang Untuknya Karya Herwin Novianto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISMATUL MAOLA NIHAYAH_ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA KARYA HERWIN NOVIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter menjadi perhatian penting bagi setiap individu, apalagi pada zaman globalisasi seperti sekarang. Perkembangan dunia akibat arus globalisasi yang semakin pesat, mengharuskan setiap individu untuk mampu menghadapinya dengan baik. Bekal dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin pesat, salah satunya dengan menanamkan nilai karakter pada setiap individu. Penanaman nilai karakter dapat dilakukan melalui sebuah film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter apa sajakah yang ada dalam film Sejuta Sayang Untuknya karya Herwin Novianto. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) yang meneliti tentang sebuah film. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode analisis isi, yang mencatat dan menyimak isi dari film Sejuta Sayang Untuknya. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer, yaitu video film Sejuta Sayang Untuknya, dan data sekunder yang terdiri dari buku-buku, hasil karya orang lain, foto-foto, jurnal, internet maupun sumber lain yang sesuai dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Sejuta Sayang Untuknya, yaitu: nilai religius, tanggung jawab, jujur, kerja keras, menghargai prestasi, peduli sosial, pengendalian diri, rasa kasih sayang, pemaaf, dan berani. Dari nilai-nilai karakter yang ada dalam film Sejuta Sayang Untuknya tersebut, nilai yang paling menonjol adalah rasa kasih sayang, ayang kemudian dari nilai rasa kasih sayang tersebut memunculkan nilai karakter yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Film Sejuta Sayang Untuknya
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ismatul Maola Nihayah sdr
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:30
Last Modified: 31 Jul 2021 04:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item