PEMAHAMAN SUAMI ISTRI TERHADAP TAKLIK TALAK (STUDI KASUS DI DUSUN PEJATEN DESA JETIS KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP)

Nazrin, Atiq Syazlina (2021) PEMAHAMAN SUAMI ISTRI TERHADAP TAKLIK TALAK (STUDI KASUS DI DUSUN PEJATEN DESA JETIS KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
NAZRIN ATIQ SYAZLINA_PEMAHAMAN SUAMI ISTRI TERHADAP TAKLIK TALAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Taklik talak merupakan suatu perjanjian yang diucapkan oleh mempelai laki-laki setelah selesai melaksanakan akad nikah dan akan dicantumkan dalam buku nikah. Taklik talak sendiri tidaklah wajib seperti tercantum dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI) pada pasal 46 ayat (3), namun sekali taklik talak sudah diperjanjikan maka tidak dapat dicabut kembali. Dalam hal ini, penelitian akan berfokus kepada pemahaman suami istri terhadap taklik talak. Memahami taklik talak sangatlah penting dan diperlukan bagi pasangan suami istri yang akan mengadakan taklik talak dalam pernikahan mereka, sehingga fungsi taklik talak dapat berjalan dengan baik yaitu untuk melindungi hak-hak perempuan dari sikap sewenang-wenang para laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, peneliti secara langsung akan turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya dan akan berhadapan secara langsung dengan subjek dari penelitian ini yaitu pasangan suami istri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang menganalisis data yang telah diperoleh secara terus menerus dengan keadaan yang sudah ada untuk mempermudah mendapatkan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini yang berfokus kepada pemahaman suami istri terhadap taklik talak yaitu, bisa dikatakan bahwa sebagian besar pasangan suami istri yang telah diwawancara, rata-rata dari mereka belum mengetahui tentang taklik talak. Dikarenakan kurangnya sosialisai tentang Bimbingan Perkawinan dari KUA daerah setempat kepada pra calon pengantin. Sehingga masih banyak suami istri yang tidak tahu tentang taklik talak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Taklik Talak, Pemahaman Suami Istri, Fungsi
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Sdri Nazrin Atiq Syazlina
Date Deposited: 16 Jul 2021 12:11
Last Modified: 16 Jul 2021 12:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item