PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI

AGUS, MAQRUF (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AGUS MAQRUF_PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman merupakan kemampuan awal yang harus dikuasai siswa. Dalam pembelajaran matematika kemampuan pemahaman penting dimiliki siswa untuk memperoleh hasil pembelajaran yang baik. Karena pentingnya kemampuan tersebut, maka dibutuhkan perlakuan untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu faktor pendukung pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar yang baik akan mampu mendukung pembelajaran dengan baik pula. Bahan ajar konvensional tentunya sudah banyak diterapkan di sekolah ataupun madrasah. Melalui bahan ajar tersebut, peneliti menggunakan salah satu perlakuan yang dapat dilakukan yaitu pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konteks Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis konteks Islam yang valid dan efektif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa pada materi matriks kelas XI. Metode Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu ressearch and development dengan quasi experiment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKS Berbasis Konteks Islam valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi dengan skor 3,49 kategori “valid”, ahli bahan ajar dengan skor 2,97 kategori “cukup valid”, validasi ahli konteks Islam dengan skor 3,38 kategori “valid”, penilaian guru dengan skor 2,95 kategori “menarik”, penilaian siswa uji kelompok kecil dengan skor 3,34 kategori “sangat menarik” dan penilaian siswa uji coba lapangan dengan skor 3,10 kategori “menarik”. Selanjutnya LKS berbasis konteks Islam dinyatakan efektif meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas XI MAN 2 Banyumas dengan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,411 dengan kategori sedang, yang lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,073 dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konteks Islam, LKS, Pemahaman Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 23 Jun 2021 05:31
Last Modified: 23 Jun 2021 05:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item