Analisis Strategi Fundrasing Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah (LAZISMU) Ajibarang Kabupaten Banyumas Dalam Mendapatkan Muzakki

Sabar Waluyo, 102325018 (2016) Analisis Strategi Fundrasing Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah (LAZISMU) Ajibarang Kabupaten Banyumas Dalam Mendapatkan Muzakki. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (3MB) | Preview
[img] Text
SABAR WALUYO_ANALISIS STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu agenda sosial yang sejatinya diperjuangan oleh Islam adalah terwujudnya keseimbangan ekonomi masyarakat. Dalam hal ini zakat dianggap mampu untuk menciptakan suatu tatanan sosial yang penuh kedamaian, keadilan, dan keharmonisan di antara keragaman yang ada jika optimalkan dengan maksimal. Dalam hal demikian, Lazismu Ajibarang berdiri sebagai institusi pengelola zakat ditingkat kecamatan dengan manajemen modern yang diharapkan dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) atas kondisi kemasyarakatan yang terus berkembang. Fokus penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana strategi fundrasing lembaga amil zakat infaq shadaqah (LAZISMU) Ajibarang Kabupaten Banyumasdalam mendapatkan Muzaki. Selain itu juga apa saja faktor pendukung dan penghambat Lazismu Ajibarang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data, penulis memperoleh data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan teori Miles dan Hubeman, yaitu mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fundrasing Lazismu Ajibarang dalam mendapatkan muzaki secara garis besar dikelompokkan menjadi dua bagian: yakni strategi fundraising langsung (directfundraising) dan strategi fundraising tidak langsung (indirectfundraising). Strategi fundraising seperti: directmail, presentasi langsung, bayar langsung, jemput zakat ke pihak donatur, kotak infak atau amal, counter atau gerai, pemotongan gaji karyawan, dan kerja sama pemanfaatan atau penyaluran dana zakat. Sementara itu, strategi fundraising tidak langsung (indirect fundraising) seperti: membuat brosur atau poster, membuat buku, jurnal atau majalah, membuat aksesoris, mengadakan event, dan sponshorship. Selain itu, faktor pendukungnya adalah Lazismu Ajibarang mempunyai jejaring yang jelas, mempunyai payung hukum yang jelas, dan mempunyai segmentasi donatur.Faktor penghambatnya adalah banyak pengurus yang belum mempunyai kesadaran, minimnya respon pimpinan, minimnya kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki. Kata kunci: strategifundrasing, LAZISMU Ajibarang, muzakki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Sep 2016 01:42
Last Modified: 07 Sep 2016 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item