PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS MINION BANYUMAS RAYA (MINIBRA) DI KABUPATEN BANYUMAS)

Azizur, Rohman (2021) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KOMUNITAS MINION BANYUMAS RAYA (MINIBRA) DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AZIZUR ROHMAN_PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Komunitas Minion Banyumas Raya (Minibra) Di Kabupaten.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Perilaku keputusan pembelian konsumen tidak bisa lepas dari peran pemasaran viral berupa Electronic Word of Mouth (EWOM). Selain itu gaya hidup juga sebagai salah satu faktor penentu dalam perilaku keputusan pembelian yang terjadi pada konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh EWOM dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian sepeda pada anggota komunitas Minion Banyumas Raya (Minibra) yang ada di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Minibra dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 93 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik sampel yang digunakan adalah random sampling dan sampling kuota. Analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman, koefisien konkordinasi kendall w dan analisis regresi ordinal dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statictical Product and Service Solution) Versi 25. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman disimpulkan bahwa EWOM dan gaya hidup secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda pada anggota komunitas Minibra. Hasil korelasi konkordinasi kendall w menunjukkan hasil sebesar 0,713 menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara EWOM dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian, dengan arah yang positif. Pengujian regresi ordinal tabel model Fitting Information menunjukkan bahwa kedua vaiabel independen yaitu EWOM dan gaya hidup secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda pada anggota komunitas Minibra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth (EWOM), Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizur Rohman sdr
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:20
Last Modified: 21 Jun 2021 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item