SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU RUMPUN PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MTs AL-AZHAR TEMBONGRAJA KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

Ma'muron, Ma'muron (2021) SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU RUMPUN PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MTs AL-AZHAR TEMBONGRAJA KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
MA'MURON_191765037_TESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya dalam memberikan pengajaran. Supervisi akademik pengawas pendidikan merupakan salah satu aspek yang menunjang meningkatnya kinerja mengajar guru. Inilah yang menjadi focus permasalahan penelitian ini. Adapun lokasi penelitian berada di MTs al-Azhar Tembongraja, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes dengan berbagai pertimbangan antara lain MTs al-Azhar Tembongraja sudah menerapkan Kurikulum 2013, aktif mengembangkan dan mengaplikasikan metode pembelajaran dengan pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan dan menganalisis supervisi akademik terhadap guru rumpun PAI dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di MTs al-Azhar Tembongraja kecamatan Salem kabupaten Brebes. Paradigma penelitian ini adalah post-positivisme. Pendekatan penelitian ini adalah fenomenologi Hurssel. teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi partisipatoris, dan dokumentasi. Adapun analisis penelitian ini meliputi tahap sebelum di lapangan, selama di lapangan dan sesudah di lapangan. Berdasarkan penelitian dan analisis data penilitian maka didapatkan hasil bahwa kemampuan perencanaan guru rumpun PAI masih sangat kurang di MTs al-Azhar tembongraja, hal ini disebabkan karena factor usia para guru. Pada tataran pelaksanaan pembelajaran guru rumpun PAI di MTs al-Azhar Tembongraja masih kurang optimal pada prosesnya dan masih kurang maksimal dalam hasilnya. Pada tahap evaluasi pembelajaran guru rumpun PAI di MTs al-Azhar Tembongraja behwa pengaplikasian penilaian otentik belum benar-benar diterapkan di mana ranah sikap, pengetahuan dan ketrampilan belum dinilai secara komperhensif. Kata Kunci: Supervisi Akademik, MTs al-Azhar Tembongraja, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, MTs al-Azhar Tembongraja, Kinerja Guru.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ma'muron Ma'muron sdr
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:24
Last Modified: 14 Jun 2021 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item