Manajemen Pembelajaran Matematika Berbasis Religius dan Lingkungan di MTs Negeri 1 Banyumas

ADUN, PRIYANTO (2021) Manajemen Pembelajaran Matematika Berbasis Religius dan Lingkungan di MTs Negeri 1 Banyumas. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Adun Priyanto_191765001_Tesis Lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar bakangi oleh degradasi implementasi praksis Madrasah dalam integrasi ilmu agama dan umum, sehingga ditengarai masih terjadi dikotomi pengetahuan. Dan pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan (manajeman) pembelajaran matematika terintegrasi dengan nilai-nilai religious dan kepedulian lingkungan, sehingga pembelajaran matematika tidak dilakukan secara parsial yang dengan tujuan membentuk al-insān kāmila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan implementasi Manajemen Pembelajaran Matematika Berbasis Religius dan Lingkungan di MTs Negeri 1 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif, dengan pengambilan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: Pertama, pengelolaan pembelajaran Matematika di MTs Negeri 1 Banyumas sesuai teori dan fungsi manajemen, namun perlu perbaikan pada pelembagaan MGMP Matematika, penyusunan rencana pembelajaran hendaknya melibatkan Guru Akidah Akhlak dan koordinator program Adiwiyata, Pendidik perlu menggunakan berbagai macam metode dan model pembelajaran agar pembelajaran kontekstual-menyenangkan tercapai; Kedua, Pembelajaran Matematika Berbasis Religius dan Lingkungan di MTs Negeri 1 Banyumas dilakukan pendididk dengan menggabungkan dan menemukan prioritas kurikuler, menemukan keterampilan, konsep, dan sikap yang sama pada Matematika (math), PAI (religious) dan Lingkungan/Program Adiwiyata/K7 (ecology), penekanan pembelajarannya pada karakter yang merupakan benang merah, dilakukan seimbang dan terpadu dalam pembelajaran sehingga disebut konsep pembelajaran ecomathrigi. Ketiga, Pembelajaran ecomathrigi menggunakan model integrasi-komparasi/induktifikasi, implementasi pada pembelajaran: pengaturan ruang kelas dan tempat duduk, materi matematika dikuatkan dengan ayat al-Qur’an, soal-soal matematika sesuai keseharian dan lingkungan, sikap peserta didik, mengungkapkan kembali pengalaman peserta didik untuk pembelajaran utuh (holistic).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Matematika, Religius, Lingkungan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adun Priyanto sdr
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:29
Last Modified: 03 Jun 2021 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10120

Actions (login required)

View Item View Item