NILAI KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG TAAT AGAMA KARYA HERU KURNIAWAN DAN UMI KHOMSIYATUN

Radita Ayu, Kusuma Dewi (2021) NILAI KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG TAAT AGAMA KARYA HERU KURNIAWAN DAN UMI KHOMSIYATUN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Radita A. K. D_Nilai Karakter Religius Anak Usia Dini dalam Buku Dongeng Taat Agama Karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter pada anak usia dini dapat ditanamkan dengan cara mengenalkan dan membiasakan anak untuk mendengarkan cerita-cerita dongeng yang berisi pesan moral. Melalui cerita dongeng, anak diajarkan untuk mengambil hikmah, kesimpulan, dan pesan moral yang berbudi luhur tanpa merasa digurui. Buku dongeng Taat Agama karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun merupakan salah satu buku dongeng yang layak digunakan sebagai media penanaman karakter religius untuk anak usia dini. Di dalam buku tersebut, terdapat 10 sub judul yang semuanya dikemas sederhana dan imajinatif namun berkesan dan inspiratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang nilai karater religius anak usia dini yang terdapat dalam Buku Dongeng Taat Agama Karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu buku dongeng Taat Agama karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku pustaka, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis dengan metode berpikir deduktif. Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa di setiap sub judul dalam buku dongeng Taat Agama karya Heru Kurniawan dan Umi Khomsiyatun terdapat beberapa nilai karakter religius, yang masing-masing digolongkan ke dalam dua jenis karakter religius, yaitu nilai illahiyah dan nilai insaniyah. Adapun nilai karakter religius illahiyah meliputi iman kepada Allah, syukur, ikhlas, tawakal, dan sabar. Sedangkan nilai karakter religius insaniyah meliputi peduli sosial, tolong-menolong, rela berkorban, bertanggung jawab, jujur, kerja keras, amanah, silaturahim, lapang dada, optimisme, tepat janji, dan memuliakan tamu. Sementara strategi penanaman karakter religius anak usia dini dalam buku dongeng “Taat Agama” dapat dilakukan melalui metode tidak langsung, yaitu penanaman karakter religius melalui kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai karakter mulia dengan harapan dapat diambil hikmahnya. Orang tua atau pendidik dapat mendongeng dengan cara yang kreatif, menarik, dan menyenangkan menggunakan alat bantu seperti boneka jari, atau boneka tangan untuk menarik perhatian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius, Buku Dongeng Taat Agama
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Radita Ayu Kusuma Dewi sdri
Date Deposited: 21 May 2021 03:52
Last Modified: 21 May 2021 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item View Item