IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BIDANG BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KARANGTENGAH 01 SAMPANG CILACAP

Laelatul, Badriyah (2021) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BIDANG BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KARANGTENGAH 01 SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LAELATUL BADRIYAH_IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BIDANG BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI KARANGTENGAH 01 SAMPANG CILACAP.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bidang bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Karangtengah 01 Sampang Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data yang di kemukakan oleh Miles dan Huberman yakni melalui tiga langkah-langkah kegiatan yang mencakup analisis data, reduksi data dan penarikan kesimpulan (Verification). Setelah itu, peneliti menguji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi keterampilan berbicara dilakukan melalui kegiatan berbicara yakni mendongeng, bermain peran dan memberi saran secara lisan. Dalam mengimplementasikan keterampilan berbicara, guru menggunakan cara sebagai berikut: metode ulang ucap, metode menjawab pertanyaan, metode pertanyaan menggali, metode menceritakan kembali, metode percakapan, metode bermain peran, dan metode diskusi. Peran yang di lakukan guru dalam melakukan implementasi keterampilan berbicara yaitu guru sebagai peran motivator, peran fasilitator, peran tutor, peran organisator, peran evaluator, dan peran apresiator. Dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara terdapat juga hambatan yang di alami oleh peserta didik, antara lain: kurangnya mental dan kepercayaan diri siswa dan kurangnya perbendaharaan kosa kata bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 508 Natural history
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Laelatul Badriyah
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:32
Last Modified: 28 Apr 2021 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item