PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA PADA MASYARAKAT PAGUYUBAN JALAN BONG DI DESA SIDABOWA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS

AYU, OKTAVIANI (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI PLURALISME AGAMA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA PADA MASYARAKAT PAGUYUBAN JALAN BONG DI DESA SIDABOWA KEC. PATIKRAJA KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AYU_OKTAVIANI_PENANAMAN_NILAI_NILAI_PLURALISME_AGAMA_DALAM_PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme agama pada masyarakat diperlukan adanya kegiatan yang didalamnya mengandung nilai-nilai pluralisme dan beberapa metode yang dapat digunakan. Kegiatan-kegiatan yang dimaksud ialah kegiatan yang dapat mengeratkan kerukunan antar masyarakat antara muslim dan non muslim. Serta diimbangi dengan beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu metode keteladanan, metode pemahaman, metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode pengawasan. Penanaman ialah suatu cara atau proses untuk menanamkan, sedangkan nilai pluralisme agama ialah nilai yang terkandung di dalamnya pluralisme agama untuk kemudian diserap dan diterapkan dalam kehidupan sosial beragama. Tujuan penelitian ialah untuk memperolah gambaran yang relatif lengkap mengenai penanaman nilai pluralisme agama dalam pendidikan keluarga pada masyarakat jalan bong di desa Sidabowa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian yang penulis lakukan, subjek penelitian yang diambil sebagai sumber penelitian yaitu Ketua paguyuan jalan bong, Anggota paguyuban yang beragama Islam, Anggota paguyuban yang beragama Kristen Protestan, dan Anggota Paguyuban yang beragama Kristen Katolik. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu menggunakan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pluralisme agama dalam pendidikan keluarga pada masyarakat yaitu melalui kegiatan rutin yang dapat dijadikan sebagai sarana bagi masyarakat dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme pada masyarakat. Dalam penanaman nilai-nilai pluralisme agama menerapkan beberapa prinsip dalam setiap kegiatan, diantaranya prinsip persaudaraan, prinsip mencari persamaan, prinsip menghargai perbedaan, prinsip memelihara aqidah dan ibadah, prinsip tolong menolong, dan prinsip menghindarkan prasangka yang berlebihan serta pluralisme bermakna kerukunan, pluralisme bermakna pengakuan eksistensi agama lain, dan pluralisme bermakna toleransi. Nilai-nilai pluralisme agama dapat ditanamkan pada masyarakat melalui 4 metode yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pemahaman, dan metode pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pluralisme, nilai-nilai
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Ayu Oktaviani
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:20
Last Modified: 28 Apr 2021 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10073

Actions (login required)

View Item View Item