UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUHAMAD, HILMI (2021) UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR_ISI_BAB_I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL MUHAMAD HILMI.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mata pelajaran bahasa arab sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa di madrasah. Namun siswa memiliki perbedaan dalam hal kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan dan pendekatan belajar yang terkadang sangat mencolok antara seorang siswa dengan siswa lainnya Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui kesulitan apakah yang dihadapi siswa dalam Belajar Bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru terhadap kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Sementara teknik analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab yang dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok mengalami bebrapa kesulitan, diantaranya: 1) Faktor yang Berasal dari diri siswa, Upaya guru dalam mengatasi faktor kesulitan belajar yang berasal dari diri siswa adalah dengan memberikan motivasi, yaitu dengan cara pembiasaan membaca lafadz-lafadz arab sebelum menyampaikan materi pembelajaran dan setoran hafalan mufrodat setiap seminggu sekali. 2) Faktor yang berasal dari guru bahasa arab, upaya guru dalam mengatasinya dengan menggunakan variasi metode belajar dan menggunakan alat peraga dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar.
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Hilmi sdr
Date Deposited: 05 Mar 2021 05:21
Last Modified: 05 Mar 2021 05:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10017

Actions (login required)

View Item View Item