PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS

Achmad Khanif, NIM. 1423301034 (2019) PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ACHMAD KHANIF_PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI 1 B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang penggunaan media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Banyumas. Media yang digunakan untuk pembelajaran sejarah kebudayaan Islam adalah multimedia yang dapat mengakomodasi berbagai tipe belajar peserta didik karena multimedia merupakan kombinasi dari media teks, gambar, grafik, video, audio dan film yang dapat menampilkan tambilan dan suara yang menarik. Multimedia yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seperangkat laptop yang bisa menampilkan gambar, suara dan teks yang ditampilkan dengan menggunakan bantuan proyektor. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan lokasi penelitian di MTs Negeri 1 Banyumas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penggunaan multimedia dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Banyumas?. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari sumber data yaitu guru mapel SKI, siswa kelas VII C, VIII A, IX H dan tata usaha MTs Negeri 1 Banyumas. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan multimedia dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 1 Banyumas. Dari data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Skripsi ini menunjukan bagaimana penggunaan multimedia yang digunakan dalam pembelajaran SKI di MTs Negeri 1 Banyumas meliputi tahap persiapan, pelaksanaan sampai kepada penutup atau evaluasi. Berdasarkan datadata yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam mampu membuat suasana belajar lebih menarik sehingga membuat siswa termotivasi dalam belajar dan memudahkan guru dalam menyampaikan pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Media Pembelajaran dan Pembelajaran SKI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:03
Last Modified: 21 Feb 2019 01:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item View Item