PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI KAIDAH ILMU TAJWID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SEMESTER I MI AL-IKHLAS KARANGPUCUNG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARIESTA WIDIASTUTI, NIM: 1123308005 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MATERI KAIDAH ILMU TAJWID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SEMESTER I MI AL-IKHLAS KARANGPUCUNG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (100MB) | Preview
[img] Text
ARIESTAWIDIASTUTI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS MATERI KAIDAH ILMU TAJWID MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SEMESTER IMI AL IKHLAS KARANGPUCUNG KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100MB)

Abstract

Dalam pembelajaran kooperatif tiap anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan diri dan anggotanya. Mereka harus saling membantu melaksanakan tugas yang diberikan kepada kelompoknya sehingga setiap anggota kelompok mencapai potensi optimal yang mungkin diraihnya. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif adalah Make a Match. Make a Match atau mencari pasangan merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa. Penerapan tipe ini dimulai dari teknik, yaitu siswa disuruh mencari pasangan kartu soal dan kartu jawaban, sebelum batas waktunya, siswa yang dapat mencocokkan kartunya diberi poin. Salah satu keunggulan tipe ini adalah siswa mencari pasangan kartu sambil belajar mengenai konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar AlQur’an Hadits pada materi “Kaidah Ilmu Tajwid” melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di Kelas III Semester I di MI Al-Ikhlas Karangpucung Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan pengukuran tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis tersebut menyimpulkan, bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits materi “Kaidah Ilmu Tajwid” di Kelas III Semester I MI Al-Ikhlas Karangpucung Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat pada tabel nilai hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai siklus terakhir (siklus II) menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari 8 siswa atau sebesar 44,44% yang tuntas pada pra siklus meningkat pada siklus II menjadi 16 siswa atau sebesar 88,89%. Nilai rata-rata juga meningkat signifikan, yaitu dari 60,00 pada pra siklus menjadi 79,44 pada siklus II. Jadi, ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 44,45% atau sebanyak 8 siswa. Dan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 19,44. Kata Kata Kata Kunci: Kunci: Kunci: Pembelajaran Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Kooperatif Kooperatif, Make a Match, Hasil Hasil Hasil Belajar, Belajar, Belajar, Kaidah Kaidah Kaidah Ilmu Ilmu Ilmu Tajwid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:16
Last Modified: 25 Jul 2016 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item