UlfahMa’rifatunRizqiani, .1423301117 (2018) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X DI SMK MA’ARIF NU 1 SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
full depan, bab 1 dan bab 5, daftar pstaka.pdf.pdf Download (877kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI ULFAH fix.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latarbelakangpenelitianiniadalahpentingnyabagiumatmuslimuntukmembacadanmempelajari Al-Qur’an. Dalamkehidupansehari-hari Al-Qur’an adalahsebagaipedomanhidupmanusiadansumberdariajaran Islam.Ketikaseseorangtidakmempunyaipeganganhidupmakaibaratdebu yang dihembusangin, iaakanmudahterpengaruhdantidakmempunyaipendirian. Belajarmembaca Al-Qur’an bisadiselenggarakan di rumah, di pondok, di sekolah, di TPA masjid ataumusholadansebagainya.Pembelajaran Al-Qur’an di sekolahbiasanya di ajarkanoleh guru Agama.Akan tetapi di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuhinimasih di dapatisiswa yang belumbisamembaca Al-Qur’an.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “Bagaimanaupaya guru PAI dalammengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an padasiswakelas X di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh? Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahauiupaya-upayaapasaja yang di lakukan guru PAI dalammengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an padasiswanya.Adapunmanfaatdaripenelitianiniadalahsebagaiwacanabagimahasiswa IAIN Purwokertoataubagisiapasaja yang membacanyasertadapatdigunakansebagaiacuanuntukpenelitian yang selanjutnya. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifkualitatif.Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Dalammenganalisis data, penulismenggunakanmatodeanalisis data dandeskriptifkualitatif, denganlangkah-langkahreduksi data, penyajian data dananalisis data. Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data makadapatdisimpulkanbahwa: kesulitan yang dihadapisiswadalammembaca Al-Qur’an padasiswakelas x di SmkMa’arif NU 1 Sumpiuhberupa:a) lemahnyapemahamansiswaterhadaphurufhijaiyah, b) kesulitandalammembacahurufarab yang telahdirangkai,c) penerapanhurufbelumsesuaimakharijulhuruf, d) belumbisamenerapkanhukumbacaantajwid. Upaya-upayauntukmengatasikesulitanmembaca Al-Qur’an tersebutantara lain: a) membiasakanwaktukepadapesertadidikuntukmembaca Al-Qur’an, b) pemberiantugas, c) menggunakanmetodebelajar yang bervariasi,d)mengadakanextrakurikuler BTA, e)adanya jam pembelajarankhusus
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 02:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 02:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4533 |
Actions (login required)
View Item |