PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 BANYUMAS

RESTI UTAMI HIDAYATI, 1423301026 (2018) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
RESTI UTAMI HIDAYATI_PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah mata pelajaran yang memiliki tujuan mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan serta menumbuhkembangkan manusia yang takwa dan berakhlak mulia. Pencapaian ketakwaan tidak hanya memerlukan pengetahuan dan pemahaman tetapi juga penghayatan dan pengerjawantahannya dalam perilaku nyata. Penilaian autentik adalah penilaian nyata yang mencangkup semua aspek, yaitu pengetahuan, sikap dan ketrampilan dan merupakan penyempurna dari penilaian tradisionalyangmasih mengabaikan penilaian proses pembelajaran.MAN 1 Banyumas telah menerapkan penilaian autentik pada mata pelajaran rumpun PAI. Berdasarkan latar belakang tersebutpeneliti tertarik untuk melakukan penelitian guna mengkaji tentang problematika guru dalam pelaksanaan penilaian autentik pada mata pelajaran rumpun PAI di MAN 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang problematika yang dialami oleh guru mata pelajaran rumpun PAI di MAN 1 Banyumas. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada pengolahan dan pelaporan skor nilai sesuai dengan teori penilaian hasil belajar dalam Permendikbud No. 104 Tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh penjelasan langsung tentang situasi dan problem-problem yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan penilaian autentik. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang proses pelaksanaan penilaian autentik. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang Madrasah dan foto-foto pelaksanaan penilaian autentik serta pembelajaran mata pelajaran rumpun PAI. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini, Problematika yang dialami guru dalam pelaksanaan penilaian autentik yaitu guru masih kesulitan dalam mengimplementasikan penilaian autentik karena kurangnya pemahaman guru tentang penilaian autentik, karakteristik peserta didik yang tidak mendukung, rendahnya kreativitas guru serta kurangnya alokasi waktu. Disertai dengan solusi dan upaya guru untuk mengatasi problematika tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penilaian Autentik, dan Rumpun PAI.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:43
Last Modified: 02 Oct 2018 03:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item