MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH DI BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI, THAILAND

GALUH SETIA WARDHANI, NIM. 1323303030 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN MENENGAH DI BAKONG PITTAYA SCHOOL PATTANI, THAILAND. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
GALUH SETIA WARDANI_MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang penting, bahkan tidak hanya bagi individu bahkan bagi kepentingan sosial, bangsa dan kepentingan negara. Pendidikan diartikan sebagai ikhtiar manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai dan kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Dalam proses pendidikan, kurikulum merupakan komponen untuk mencapai tujuan pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari formula atau model pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan oleh Bakong Pittaya School yang mewakili model pengembangan kurikulum sekolah swasta di Thailand Selatan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu; manajemen pengembangan kurikulum pendidikan menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam pengembangan kurikulum di Bakong Pittaya School meliputi; mennetukan tujuan, memilih pengalaman belajar dan mengorganisasikan pengalaman belajar. Berdasarkan proses tersebut, dapat dikatakan bahwa model kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan model Tayler. Prosedur dalam mengembangkan kurikulum meliputi; 1) perencanaan kurikulum yang merupakan turunan dari perencanaan Pndidikan Nasional Kerajaan Thailand, 2) Pengorganisasian kurikulum intrakurikuler dengan menggunakan model subject separated curriculum,yang memisahkan kurikulum pendidikan umum dan agama, 3) implementasi kurikulum yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, 4) evaluasi kurikulum yang terdiri dari evaluasi formatif dari pemerintah dan evaluasi dari satuan pendidikan (sumatif dan formatif). Kata kunci; Manajemen Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan Menengah, Pattani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan Menengah, Pattani
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 27 Apr 2018 07:59
Last Modified: 27 Apr 2018 07:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3730

Actions (login required)

View Item View Item