PENGARUH BUDAYA RELIGIUS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURBALINGGA

PRIHATININGTYAS, NIM. 1323308073 (2018) PENGARUH BUDAYA RELIGIUS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
PRIHATINING TYAS_PENGARUH BUDAYA RELIGIUS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI MADRASA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh budaya religius terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI di MAN Purbalingga.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan korelasional, subjek penelitian adalah siswa kelas XI di MAN Purbalinggayang berjumlah 75 siswa yang diambil dengan cara teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data budaya religius dan kecerdasan emosional, dilakukan denganteknik pengumpulan data berupa angket, dengan model skala likert, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengambil data yang berkaitan dengan penelitian.Ujivaliditas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson.Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha.Uji analisis prasyarat menggunakanuji normalitasdan uji linearitas.Data dianalisisdengan teknik regresi linier sederhana.Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.Jumlah item valid untuk variabel budaya religius adalah 22 item, dan jumlah item valid untuk variabel kecerdasan emosional adalah 22 item. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Budaya religius terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional siswa, artinya semakin tinggi budaya religius maka semakin tinggi kecerdasan emosional siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi variabel budaya religius dengankecerdasan emosional sebesar 0,515. (2) Budaya religius terbukti mempengaruhi kecerdasan emosional dengan dibuktikkan nilai dari hasil koefisien determinan (r2/rsquare)sebesar 0,265. Artinya variabel ini dapat mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius dan Kecerdasan Emosional
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Feb 2018 02:57
Last Modified: 03 Feb 2018 02:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item