INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM BAGI PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

LISTIANA, 1323301006 JURUSAN (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM BAGI PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
LISTIANA_INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai Islam bagi peserta didik melalui budaya religius di MTs Ma’Arif NU 1 Kedungbanteng diwujudkan melalui beberapa kegiatan yang telah tercipta sejak awal berdirinya madrasah, yaitu melalui : kegiatan 3S (senyum, sapa, salam), pembacaan do’a pagi yang disertai asmaul husna dan shalawat, pemakaian kopyah atau peci bagi peserta didik laki-laki, pembiasaan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, program keputrian, dan program pendalaman al Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai Islam bagi peserta didik melalui budaya religius di MTs Ma’Arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan di lingkungan madrasah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh secara langsung dari peserta didik, kepala madrasah dan guru terkait, dan sumber data sekunder diperoleh dari data, berkas-berkas dan dokumen yang terkait pada permasalahan yang penulis kaji. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah proses internalisasi nilai-nilai Islam bagi peserta didik melalui budaya religius di MTs Ma’Arif NU 1 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas mampu meningkatkan nilai-nilai Islam pada diri peserta didik. Dari kegiatan 3S (senyum, sapa, salam) tercermin nilai sopan santun, dan nilai menghargai orang lain. Nilai istiqomah dan optimisme terinternalisasi melalui do’a pagi, pembacaan shalawat, dan pembacaan asmaul husna. Sedangkan melalui pemakaian peci atau kopyah tertanam nilai kejujuran yang menjadi perisai bagi setiap individu. Nilai kedisiplinan, tergambar dari pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur berjamaah. Dari kegiatan keputrian muncul nilai tanggung jawab, dan nilai syukur dari program pendalaman al-Qur’an. Budaya religius di madrasah yang berlangsung secara konsisten juga mendukung tingkat keimanan dan ketaqwaan peserta didik, sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan budaya religius yang ditanamkan pihak madrasah dalam kehidupan sehari-hari Kata kunci : Nilai-Nilai Islam, Peserta Didik, Budaya Religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Islam, Peserta Didik, Budaya Religius.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Aug 2017 08:00
Last Modified: 26 Aug 2017 08:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item