IPLEMENTASI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU BANJARAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017

Ongko Purwoko, 1123305001 (2017) IPLEMENTASI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING (GNT) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV MI MA’ARIF NU BANJARAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ONGKO PURWOKO_IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED NOTE TAKING.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Penggunaan strategi dalam proses pembelajaran adalah sesuatu yang penting dan yang harus sering dilakukan oleh guru agar dalam proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Karena jika proses pembelajaran dilakukan secara monoton siswa akan cepat bosan dan akhirnya pembelajaran menjadi tidak kondusif. Adapun masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Strategi Guided Note Taking dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara untuk menggali dan menghayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung. Penelitian ini juga menggunakan metode dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah implementasi strategiGuided Note Taking dalam pembelajaran IPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran , sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala Madrasah. Hasil dari penelitianmenunjukanbahwa proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategiGuided Note TakingdalampembelajaranIPA kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran pada pertemuan pertama sudah sesuai teori yang penulis paparkan di bab II, pada pertemuan ke II dan ke III guru menggunakan variasi dalam menerapkan strategi Guided Note Taking. Hal ini terlihat dengan nilai siswa yang sudah mencapai tujuan setrategi pembelajaran Guided Note Taking. Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi Guided Note Taking dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Ma’arif NU Banjaran meliputi kegiatan persiapan seperti penyusunan RPP, Prota, Promes dan lainnya sebelum melakukan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran seperti kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, pada akhir pembelajaran melakukan evaluasi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU Banjaran telah berhasil menerapkan strategi Guided Note Takinguntuk menjadikan siswa berperan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guide Note Taking, Mata Pelajaran IPA, MI Ma’arif NU Banjaran.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 03 Apr 2017 07:31
Last Modified: 03 Apr 2017 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item