PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNSUR MUFRODAT DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Apit Nur Setiawan, 1123302036 (2017) PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNSUR MUFRODAT DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
APIT NUR SETIAWAN_PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNSUR MUFRODAT DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALIN~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Skripsiinimengkajitentang penerapan metode scramble dalam pembelajaran bahasa Arab unsur mufrodat di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Dalam penerapan metode scramble dalam pembelajaran bahasa Arab, siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil untuk menyelesaikan suatu tugas dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penerapan metode scramble dalam pembelajaran bahasa Arab unsur mufrodat di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data oleh guru kelas, kepala sekolah dan siswa kelas V MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode scramble dalam pembelajaran bahasa Arab unsur mufrodat di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Sedangkan dalam teknis analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menerapkan metode scramble dilakukan pada materi mufrodat. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa di bagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri antara 5 sampai 6 orang, kemudian siswa di beri tugas untuk di diskusikan, setelah selesai berdiskusi masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Sedangkan dalam penilaian dilakukan secara kelompok dan individu, nilai kelompok di ambil dari hasil diskusi dan nilai individu di ambil dengan melihat keaktifan siswa dalam kelompok. Kata Kunci: Metode Scramble, Pembelajaran Bahasa Arab dan Mufrodat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Scramble, Pembelajaran Bahasa Arab dan Mufrodat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Feb 2017 07:48
Last Modified: 28 Feb 2017 07:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item