IMPLEMENTASI PROGRAM ZERO STREET CRIME SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEJAHATAN PERSPEKTIF SADD AZ-ZARI’AH (Studi Kasus Pada Kepolisian Resor Cilacap Pada Tahun 2019-2021)

ALFANI YUDHA, PRABAWA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM ZERO STREET CRIME SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEJAHATAN PERSPEKTIF SADD AZ-ZARI’AH (Studi Kasus Pada Kepolisian Resor Cilacap Pada Tahun 2019-2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfani Yudha Prabawa_Implementasi ProgramZero Street Crime Sebagai Upaya Pencegahan Kejahatan Perspektif Sadd Az-Zari'ah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kejahatan selalu menjadi sebuah persoalan yang meresahkan masyarakat, banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kejahatan diantaranya adalah faktor ekonomi, faktor tempat, dan faktor individu manusia itu sendiri. Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepolisian Resor Cilacap dalam tiga tahun belakangan ini menunjukkan angka kejahatan jalanan mengalami fluktuasi, tercatat tahun 2019 ada 66 kasus pencurian dnegan pemberatan, 5 kasus pencurian dengan kekerasan, sementara pada tahun 2020 terdapat 45 kasus dengan pemberatan, dan 9 kasus pencurian dengan kekerasan, dan pada tahun 2021 angka pencurian dengan pembertan kembali meningkat, dimana kasus pencurian dengan pemberatan terjadi sebanyak 60 kasus, dan pencurian dengan kekerasan sebanyak 5 kasus. Hal inilah yang menarik untuk menalaah implementasi program Zero Street Crime sebagai upaya pencegahan kejahatan jalanan oleh Kepolisian Resor Cilacap ditinjau dari Perspektif Sadd Az{-Z{ariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian yang subjek utamanya melakukan suatu wawancara kepada Kepolisian Resor Cilacap diantaranya Unit Sat Reskrim Kepolisian Resor Cilacap, Unit Sat Samapta Kepolisian Resor Cilacap, dan Unit Sat Intelkam Kepolisian Resor Cilacap. Objek pada penelitian ini adalah implementasi program zero street crime yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Cilacap. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Data yang penulis kumpulkan bersumber dari hasil wawancara dengan beberapa unit di Kepolisian Resor Cilacap yang kemudian dianalisis dengan teori-teori yang relevan. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis terhadap implementasi program Zero Street Crime yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Cilacap, dengan adanya program ini menciptakan kondisi masyarakat yang lebih aman akan ancaman dari tindakan kejahatan. Jika dilihat dari perspektif Sadd Az{-Z{ariah dimana adanya program ini sangat dibutuhkan dalam rangka pemberian rasa aman kepada masyarakat karena jika tidak dilakukan program seperti ini akan meningkatkan resiko terjadinya tindak kejahatan yang mengancam masyarakat, baik ancaman kehilangan harta, resiko mengalami luka/cedera, bahkan juga mengancam nyawa mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Zero Street Crime, Sadd Az-Zari’ah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: ALFANI YUDHA PRABAWA sdr
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:09
Last Modified: 02 Feb 2023 09:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18333

Actions (login required)

View Item View Item