AGAMA DAN PERILAKU KONSUMTIF: KOMODIFIKASI HIJAB PADA TREND FASHION REMAJA MUSLIM PERKOTAAN (Studi Deskriptif Mahasiswi S-1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Riski, Amalia Pribadi (2023) AGAMA DAN PERILAKU KONSUMTIF: KOMODIFIKASI HIJAB PADA TREND FASHION REMAJA MUSLIM PERKOTAAN (Studi Deskriptif Mahasiswi S-1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Riski Amalia Pribadi_1817101123.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hijab merupakan busana yang memiliki fungsi sebagai penutup aurat bagi seorang muslimah. Akan tetapi, seiring dengan perubahan zaman yang semakin cepat, hijab berkembang menjadi sebuah komoditas dan trend fashion yang pemakaiannya tidak hanya diperuntukkan untuk mentaati perintah agama. Munculnya trend fashion hijab ini menimbulkan gaya hidup konsumtif di kalangan masyarakat, terutama para mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi dan trend fashion hijab yang dilakukan oleh mahasiswi S-1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang mahasiswi S-1 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang berdasarkan survey awal berindikasi melakukan komodifikasi hijab dan melakukan perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa komodifikasi hijab yang dilakukan oleh mahasiswi S-1 UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang menjadi subjek dalam peneitian ini, ditinjau dari perspektif teori hiperrealitas merupakan sebuah bentuk keinginan diri untuk menjaga penampilan. Merasa perlu menggunakan hijab yang sedang trend untuk dapat meningkatkan citra dan kepercayaan diri di lingkungan sosialnya, maupun di media sosial yang dimiliki. Hal tersebut dikarenakan, pemahaman agama dari subjek yang rendah, kurang memiliki minat untuk mendalami pengetahuan mengenai hijab dalam perspektif agama. Pemahaman agama yang rendah tersebut juga mendorong subjek untuk melakukan perilaku konsumtif terhadap produk-produk hijab yang sedang trend. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian model hijab yang saat ini digunakan oleh subjek adalah hijab segi empat model bela square, hijab segi empat bahan paris premium, hijab pashmina bahan ceruti baby doll, hijab pashmina bahan cringkel, dan hijab pashmina bahan plisket.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hijab, Komodifikasi, Mahasiswi, Perilaku Konsumtif, Trend Fashion
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion > 204 Special topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: RISKI AMALIA PRIBADI
Date Deposited: 01 Feb 2023 10:16
Last Modified: 01 Feb 2023 10:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18259

Actions (login required)

View Item View Item