Jual beli sembako bantuan pangan non tunai perspektif hukum ekonomi syariah (studi kasus desa bumiagung kec.rowokele, kab.kebumen)

Ade Maharani, Handrini (2023) Jual beli sembako bantuan pangan non tunai perspektif hukum ekonomi syariah (studi kasus desa bumiagung kec.rowokele, kab.kebumen). Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
skripsi ade maharani _1817301004.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi ade maharani _1817301004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di desa bumiagung kec.rowokele,kabupaten kebumen.Terdapat transaksi jual beli sembako bantuan pemerintah di sebuah elektronik warung, dalam proses pembagian sembako ini pihak e warung yang membagikan sembako untuk warga yang kurang mampu dapat dikatakan menyalahi aturan perundang undangan. Permasalahannya ialah dalam hal kualitas, kuantitas,harga dan juga waktu penyerahan 1).bagaimana praktik jual beli sembako bantuan pangan non tunai di desa bumiagung. 2).bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap jual beli sembako bantuan pangan non tunai di desa bumiagung. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research).Subyek dari penelitian ini adalah konsumen dan objeknya adalah proses transaksi jual beli sembako. Sumber data primer diperoleh dari para kpm dan juga pedagang pasar, sumber data sekunder yang diperoleh dari jurnal,artikel dan buku-buku terkait. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi, hasil akhir yang didapatkan dalam penelitian ini, bahwa transaksi jual beli sembako bantuan pemerintah dengan mekanisme pengambilan di e warung diharamkan, yang mencakup 4 hal.pertama, hal kuantitas yaitu: takaran dan timbangan yang tidak sesuai.kedua, hal kualitas: pada bahan bahan yang kurang berkualitas. Ketiga, hal harga yang dipatok terlalu tinggi. Keempat, hal waktu penyerahan, yaitu :hampir selalu tidak tepat waktu. Informasi yang didapat konsumen dikatakan tidak lengkap,dan hal yang tidak sesuai dengan permensos no.05 tahun 2021, misal pada pasal 6 huruf a, huruf, huruf j, huruf l dan pasal 8 huruf b.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi syariah,jual beli ,undang-undang
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.3 Specific Jurisdiction (Undang-undang dan Peraturan)
Depositing User: Ade Maharani Handrini sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:20
Last Modified: 31 Jan 2023 09:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item