IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKMENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT KELAS V MI NURUL AMIN KABUPATEN CILACAP

Istinganatul, Ma'rufah (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKMENGGUNAKAN STRATEGI CARD SORT KELAS V MI NURUL AMIN KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Istinganatul Ma'rufah_Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Strategi Card Sort Kelas V MI Nurul Amin Kabupaten Cilacap_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Starategi dalam pembelajaran diperlukan untuk menyusun langkah-langkah terencana yang ditetapkan sengaja untuk memaksimalkan potensi yang ada, dalam rangka mencapai tujuan guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Strategi card sort merupakan strategi bermain kartu yang diacak dan harus disusun oleh siswa di papan tulis. Selanjutnya, perwakilan siswa akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari strategi card sort pada pelajaran Akidah Akhlak untuk meningkatkan aktivitas siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang menggunakan pendekatan field reseach (penelitian lapangan). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, soal tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.Hasil analisis data diperoleh temuan penelitian sebagai berikut: RPP adalah sesuatu yang harus ada di MI Nurul Amin sebelum melakukan pembelajaran. Meskipun hanya sebagai pedoman, karena pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Media pembelajaran merupakan hal kedua yang harus ada setelah RPP karena untuk melakukan langkah-langkah di RPP harus menggunakan media. Pembelajaran menggunakan card sort memang memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah meningkatkan aktivitas, yang terdiri dari: 1) Adanya partisipasi setiap siswa dalam melaksanakan tugas belajarnya melalui berbagai cara. 2) Adanya aktivitas belajar siswa dalam bentuk kelompok untuk memecahkan masalah (problem solving). 3) Adanya upaya siswa untuk bertanya kepada guru dan meminta pendapat guru dalam kegiatan belajarnya. 4) Siswa aktif mengemukakan pendapat. Selain itu Card sort terbukti bisa meningkatkanpemahaman dilihat dari respon siswa dan nilai yang diperoleh rata-rata diatas KKM. Nilai rata-rata pertemuan pertama yaitu 86, ke-dua 76, dan ke-tiga 87. Supaya pembelajaran dan strategi bisa berjalan maksimal, maka sebelum melakukan pembelajaran guru harus melihat keadaan kelas, karakter siswa dan materi yang akan diajarkan.Kata Kunci: Implementasi, Strategi pembelajaran, card sort,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pembeajaran, Card Sort
Subjects: 2x3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2x3.07 Pendidikan, Penelitian Aqaid dan ilmu kalam
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Istinganatul Ma'rufah
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:12
Last Modified: 31 Jan 2023 09:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18060

Actions (login required)

View Item View Item