PENGARUH ADAPTASI PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH UIN PROF.KH.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Fadli, Nur Arifin (2023) PENGARUH ADAPTASI PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (STUDI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI BKI FAKULTAS DAKWAH UIN PROF.KH.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fadli Nur Arifin_Pengaruh Adaptasi Penggunaan Aplikasi Google Meet Terhadap Motivasi Belajar (Studi pada Mahasiswa Program Studi BKI Fakultas Dakwah UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel adaptasi penggunaan google meet terhadap motivasi belajar pada mahasiswa BKI. Hal ini penting dilakukan untuk membuktikan dan menguji teori adaptasi serta motivasi belajar yang dilakukan oleh mahasiswa BKI dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan google meet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dianalisis dengan kendall’s tau guna memperoleh hubungan antar variabelnya. Adapun alat analisis yang digunakan ialah SPSS versi 24. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa BKI UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto angakatan 2018-2021 yang menggunakan google meet sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mengatakan bahwa adaptasi penggunaan google meet memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar. Hal ini bermakna bahwa, ketika mahasiswa BKI mampu beradaptasi dengan baik dalam menggunakan google meet maka akan menimbulkan motivasi belajar yang tinggi.Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel adaptasi penggunaan google meet terhadap motivasi belajar pada mahasiswa BKI. Hal ini penting dilakukan untuk membuktikan dan menguji teori adaptasi serta motivasi belajar yang dilakukan oleh mahasiswa BKI dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan google meet. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang dianalisis dengan kendall’s tau guna memperoleh hubungan antar variabelnya. Adapun alat analisis yang digunakan ialah SPSS versi 24. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa BKI UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto angakatan 2018-2021 yang menggunakan google meet sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini mengatakan bahwa adaptasi penggunaan google meet memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi belajar. Hal ini bermakna bahwa, ketika mahasiswa BKI mampu beradaptasi dengan baik dalam menggunakan google meet maka akan menimbulkan motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Google Meet, Motivasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 140 Specific philosophical schools > 144 Humanism and related systems
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fadli Nur Arifin sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 08:17
Last Modified: 31 Jan 2023 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item