PANDANGAN ULAMA BANYUMAS TERHADAP TRANSFORMASI KONSEP POLIGAMI (TREND MENTORING POLIGAMI OLEH K.H. HAFIDIN)

Shela Ayu, Lestari (2023) PANDANGAN ULAMA BANYUMAS TERHADAP TRANSFORMASI KONSEP POLIGAMI (TREND MENTORING POLIGAMI OLEH K.H. HAFIDIN). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SHELA AYU LESTARI-PANDANGAN ULAMA BANYUMAS TERHADAP TRANSFORMASI KONSEP POLIGAMI (TREND MENTORING POLIGAMI OLEH K.H. HAFIDIN).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Poligami yang bersifat privat kini telah mampu dijajakan menjadi konsumsi publik melalui kelas-kelas mentor berbayar. Mentoring Poligami dipimpin oleh coach Hafidin atau Kyai Hafidin. Isu praktik poligami tingkat elit agama seperti kyai, tuan guru dan ulama, yang memiliki posisi sentral maka perlunya masyarakat memahami terhadap pada siapa ia berguru atas pilihan hidupnya untuk berpoligami sehingga dapat meminimalisir kemafsadatan poligami. Penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang pandangan para Ulama Banyumas (Ulama NU, Ulama Muhamadiyyah, Ulama Al-Irsyad) dalam menanggapi adanya transformasi konsep poligami yaitu mentoring poligami oleh K.H. Hafidin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian dengan metode pendekatan analisis yuridis normative yaitu berdasarkan teori-teori hukum islam dan hukum positif. Sumber data primer berasal dari wawancara ulama K.H. Hafidin, wawancara Ulama Banyumas, Buku karya K.H. Hafidin yang berjudul 45 Hari Sukses Poligami. Sumber data sekunder berasal dari buku-buku, jurnal-jurnal dan skripsi mengenai poligami dan mentoring poligami. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik sampling. Teknik analisis data dengan cara berfikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian ini bahwa konsep poligami menurut K.H. Hafidin adalah sudut pandang baru dari seorang praktisi poligami mengenai poligami. Mentoring poligami adalah suatu acara pelatihan dan bimbingan mengenai poligami dalam kelas-kelas yang berbeda-beda dan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terhadap poligami. Pandangan Ulama Banyumas terhadap konsep poligami dan mentoring poligami oleh K.H. Hafidin menimbulkan pendapat yang cukup variatif. Pendapat ulama yang mengatakan tidak sepakat dengan beberapa konsep poligami dan mentoring poligami oleh K.H. Hafidin yaitu pendapat Ulama yang berasal dari 2 Ulama (Ormas Nahdlatul Ulama) dan 2 Ulama (Ormas Muhammadiyyah) seperti konsep poligami jangan sampai terlalu disederhanakan, mentoring poligami dianggap sebagai isu krusial. Terdapat pula beberapa konsep poligami menurut K.H. Hafidin yang disepakati dan disetujui oleh Ulama dari dua Ormas tersebut, seperti poligami dihukumi sebagai mubah. Kemudian pendapat yang lebih banyak mengatakan sepakat dengan konsep poligami dan trend mentoring poligami oleh K.H. Hafidin yaitu dari Ulama yang berasal dari Ormas Al-Irsyad yang menyatakan bahwa konsep poligami dan Trend mentoring poligami oleh K.H. Hafidin dapat merubah stigma negatif masyarakat terhadap poligami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Poligami, Mentoring Poligami, Pandangan Ulama
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Shela Ayu Lestari sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:04
Last Modified: 31 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17866

Actions (login required)

View Item View Item