Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata Arab Kelas 1 MI Ma'arif NU Teluk Banyumas

MARETA ISTIGHFARI, ZEIN (2023) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata Arab Kelas 1 MI Ma'arif NU Teluk Banyumas. Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MARETA ISTIGHFARI ZEIN FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA ARAB KELAS 1 MI MA’ARIF NU TELUK BANYUMAS MARETA ISTIGHFARI ZEIN 1817405028 Abstrak : Skripsi ini membahas bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata Arab di kelas 1, karena mayoritas peserta didik kelas 1 belum mengenal pembelajaran bahasa Arab khususnya kosakata Arab, sehingga masih kesulitan dalam menghafal kosakata Arab. Untuk mempermudah peserta didik dalam menghafal dan menguasai kosakata Arab maka perlu adanya sebuah metode. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu metode bernyanyi. Terdapat Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata Arab di kelas 1, yaitu di MI Ma’arif NU Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata Arab kelas 1 di MI Ma’arif NU Teluk. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata Arab, guru kelas 1 menggunakan beberapa langkah-langkah yang sudah cukup baik, sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Adapun langkah-langkahnya yaitu : (1) Siswa menyanyikan materi kosakata Arab yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya secara bersama-sama, (2) Guru menulis kosakata Arab dipapan tulis, (3) siswa menulis kosakata Arab pada buku masing-masing, (4) guru membaca kosakata Arab dengan nyanyian, (5) siswa menirukan membaca kosakata Arab dengan nyanyian, (6) siswa membaca di depan papan tulis secara bergiliran, (7) guru menanyakan huruf perhuruf dalam kosakata Arab serta menjelaskannya, (8) siswa menyanyikan kosakata secara bersama-sama. . Kata kunci : Metode Bernyanyi, Kosakata Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Kosakata Arab.
Subjects: 400 Language > 403 Dictionaries and encyclopedias
400 Language > 407 Education, research, related topics
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Depositing User: Mareta Istighfari Zein sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:52
Last Modified: 31 Jan 2023 03:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17838

Actions (login required)

View Item View Item