HUBUNGAN SELF-EFICACY DENGAN KEDISIPLINAN PADA MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PROGRAM BTA-PPI DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR

AHMAD, JARSANI (2023) HUBUNGAN SELF-EFICACY DENGAN KEDISIPLINAN PADA MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PROGRAM BTA-PPI DI PONDOK PESANTREN DARUL ABROR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ahmad Jarsani_1817101008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya mahasiswa baru angkatan 2022 yang tidak lulus dalam ujian BTA-PPI dan kemudain mengikuti program pesantrenisasi di Pondok Pesantren Darul Abror Watumas. Banyak santri atau mahasiswa yang memerlukan adaptasi dengan program-program dan lingkungan pondok pesantren, namun dalam proses adaptasi tersebut tidak semua mahasiswa atau santri bisa berjalan lancar, sehingga mempengaruhi kedisiplinan mereka dalam mengikuti program. Menurut peneliti hal tersebut berkaitan dengan efikasi diri yang dimiliki para santri. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan self-eficacy dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti program BTA-PPI di Pondok Pesantren Darul Abror. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel sebanyak 55 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan penelitian dihasilkan nilai = 0,408, kemudian diujikan dengan taraf signifikansi 5%, diketahui nilai taraf signifikansi 5% dengan N=55 adalah 0,266. Maka dapat disimpulkan > (0,408>0,266). Kemudian setelah disesuaikan dengan tabel penafsiran koefisien korelasi, nilai = 0,408 berada pada tingkat koefisien korelasi “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat hubungan yang signifikan anara self-eficacy dengan kedisiplinan pada mahasiswa yang mengikuti program BTA-PPI di Pondok Pesantren Darul Abror.” Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ha (Hipotesa Alternatif) diterima, dan Ho (Hipotesa Nihil) ditolak. Jadi kesimpulan pada penelitian ini adalah “Terdapat hubungan yang signifikan anara self-eficacy dengan kedisiplinan pada mahasiswa yang mengikuti program BTA- PPI di Pondok Pesantren Darul Abror.” Jadi, Berdasarkan hasil kuesioner yang dilakukan kepada responden, dapat disimpulkan bahwa self-eficacy memiliki pengaruh yang sedang terhadap kedisiplinan. Hal ini berarti, semkain tinggi sellf-eficacy maka semakin meningkatkan kedisiplinan dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-eficacy,kedisiplinan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind
100 Philosophy and psychology > 120 Epistemology, causation, humankind > 126 The self
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ahmad Jarsani sdr
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:28
Last Modified: 31 Jan 2023 03:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17811

Actions (login required)

View Item View Item